Peristiwa 23 Juli: Megawati Jadi Presiden Wanita di Indonesia, PKB Berdiri

Sabtu, 23 Juli 2022 - 05:47 WIB
loading...
Peristiwa 23 Juli: Megawati Jadi Presiden Wanita di Indonesia, PKB Berdiri
Megawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sejumlah peristiwa bersejarah dan penting terjadi baik dalam maupun luar negeri setiap 23 Juli. Beberapa di antaranya adalah, dilantiknya Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden Indonesia.

Untuk mengingat atau menambah wawasan sejarah, berikut sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 23 Juli, antara lain:

1. Pelantikan Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden Indonesia

Megawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004. Ia merupakan Presiden wanita Indonesia pertama yang kemudian mengikuti jejak Soekarno selaku ayahnya menjadi Presiden Indonesia.

Ia menjadi Presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Sidang Istimewa MPR ini diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar.

Ia dilantik pada 23 Juli 2001. Sebelumnya dari tahun 1999–2001, ia menjabat Wakil Presiden pada pemerintahan Presiden Gus Dur.

2. Berdirinya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

Komite Nasional Pemuda Indonesia, atau lebih populer dengan singkatan KNPI, adalah organisasi kepemudaan yang awalanya merupakan gabungan dari kelompok Cipayung, binaan kader Golkar dan tentara melalui deklarasi yang dipimpin oleh David Napitupulu pada tanggal 23 Juli 1973.

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Organisasi ini langsung mendapat restu dari pemerintahan orde barudan pada tahun itu pula, mereka mengikuti unjuk rasa mahasiswa dalam penentangan masuknya modal asing. Tahun berikutnya, mereka juga turut serta dalam demonstrasi Malari. Anggota KNPI banyak yang akhirnya bergabung dengan Golkar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)