Elektabilitas Prabowo di Jabar Ungguli Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

Kamis, 14 Juli 2022 - 13:53 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo di Jabar Ungguli Anies Baswedan dan Ridwan Kamil
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas terkait elektabilitasnya di Jawa Barat sebagai calon presiden (capres) di 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menduduki peringkat teratas terkait elektabilitasnya sebagai calon presiden (capres) di 2024. Hal ini terpotret dalam hasil survei Charta Politika yang dilakukan di Provinsi Jawa Barat pada Juni 2022.

"Pada sisi elektabilitas calon presiden, Prabowo Subianto mendapatkan pilihan tertinggi. Diikuti berikutnya oleh Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam hasil surveinya yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

Dalam data hasil survei ini terlihat, elektabilitas Prabowo yang menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra sebesar 26,9%; disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 22,0%. Di peringkat ketiga, terisi nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 19,5%.



Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat keempat dengan elektabilitas sebesar 15,2%; disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 2,9%; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebesar 2,3%; Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebesar 1,8%; Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 1,3%; dan Ketua DPR Puan Maharani sebesar 0,7%.

Untuk diketahui, tidak hanya dilakukan di Provinsi Jawa Barat, survei ini juga dilakukan serentak di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 24-30 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden per provinsi dan margin of error (MoE) ± 2,83%.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Survei: Ganjar Pranowo Dominasi Pilihan Publik Jateng sebagai Capres 2024
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)