Lantik 754 Perwira TNI-Polri, Jokowi: Tunjukkan Loyalitas dan Integritas

Kamis, 14 Juli 2022 - 12:57 WIB
loading...
Lantik 754 Perwira TNI-Polri, Jokowi: Tunjukkan Loyalitas dan Integritas
Presiden Joko Widodo melantik 754 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik 754 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Para perwira terdiri atas lulusan Akademi Militer (Akmil) sebanyak 292 orang, Akademi Angkatan Laut (AAL) 107 orang, Akademi Angkatan Udara (AAU) 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 246 orang.

Para perwira remaja ini dilantik berdasarkan Keppres No.44/TNI Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI menjadi Perwira TNI dan Keppres No.45/Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian menjadi Perwira Kepolisian.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta para perwira muda untuk memahami strategi pertahanan dan tantangan di masa depan. Selain itu, Jokowi juga meminta perwira muda menguasai teknologi masa depan serta pandai dan berketerampilan sesuai dengan kebutuhan masa depan.



"Saatnya saudara menunjukkan prestasi sebagai ksatria tangguh, tunjukkan integritas dan loyalitas saudara kepada masyarakat bangsa dan negara," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/7/2022).

Jokowi juga meminta para perwira muda untuk menjadi pemimpin yang berkarakter serta memiliki kecerdasan dan ketangkasan untuk menghadapi masa depan.

"Jadilah pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya mengasah kualitas dan profesionalisme diri, menjaga nilai-nilai sapta marga, sumpah prajurit, Delapan Wajib TNI, Tri Brata dan catur prasetya Polri, mengabdi untuk Pancasila UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Jokowi.

Baca juga: Penerimaan Perwira Muda, Dudung Sampaikan 3 Kunci Keberhasilan Pemimpin

Presiden menyebut bahwa kehormatan yang diraih para perwira muda bukan serta merta atas jerih payah sendiri, melainkan adanya pengorbanan orang tua, saudara dan negara. "Oleh karena itu berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya. Berbaktilah kepada orang tua saudara saudari untuk memohon restunya," ujarnya.

"Selamat bertugas para patriot muda Indonesia, jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI/Polri. teruslah berjuang untuk negeri tercinta berdirilah di garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI, buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1816 seconds (11.252#12.26)