Menpora Amali Minta Seluruh Elemen Terkait Penyelenggaraan ASEAN Para Games Solo 2022 Lebih Disiplin dan Patuhi Prokes

Rabu, 13 Juli 2022 - 11:02 WIB
loading...
Menpora Amali Minta Seluruh Elemen Terkait Penyelenggaraan ASEAN Para Games Solo 2022 Lebih Disiplin dan Patuhi Prokes
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meminta kepada seluruh penyelenggara ASEAN Para Games Solo 2022 mematuhi protokol kesehatan Covid-19
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meminta kepada seluruh peserta, offisial dan seluruh unsur terkait dalam penyelenggaraan Asean Para Games Solo 2022 di Solo, Jawa Tengah lebih displin mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Permintaan Menpora Amali ini, usai mendapatkan laporan dari Satgas Covid atau BNPB. Dimana diperkirakan saat pelaksanaan Asean Para Games 2022 Solo pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang menjadi puncak dari penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Apa yang disampaikan oleh Satgas Covid-19 atau BNPB itu harus menjadi perhatian. Karena nanti diperkirakan pada saat pelaksanaan Asean Para Games 2022 ini menjadi puncak dari Covid-19," kata Menpora Amali saat jumpa pers di Media Center kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6).

Menurut Menpora Amali apa yang disampaikan Satgas Covid-19 atau BNPB saat Rapat Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga Persiapan Penyelenggaraan Asean Para Games Solo di Wisma Menpora, membuat semua elemen terkait untuk kembali mematuhi prokes.

"Sekali lagi kita kembali kepada kedisiplinan kita, itu yang paling penting dan sekarang ini tadi saya mendapat laporan, sudah masuk Covid-19 varian BA.4, BA.5 dan ini lebih dari Omicron," urai Menpora Amali.

"Beliau (BNPB) sampaikan ini yang diserang paru-paru. Jadi teman-teman mohon tetap prokes dijaga. Kita seperti kembali seperti Delta yang dulu, masker jangan sampai dilepas. Karena sekarang sudah mulai naik dan perkiraannya pada saat itu (APG 2022) berlangsung kita sedang puncak-puncaknya," tambah Menpora Amali.

Direktur Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Zaherman Muabezi membenarkan apa yang disampaikan Menpora Amali. Menurutnya ditanggal penyelenggaraan Asean Para Games menjadi puncak penyebaran Covid-19.

"Memang perkiraan Minggu keempat Bulan Juli 2022 adalah angka harian akan naik akibat dari varian baru Covid-19 BA.4 (Amerika) dan BA.5 (Afrika Selatan)," ujar Zaherman.

Satgas Covid-19 dan BNPB lanjutnya, akan menunggu level PPKM di Kota Solo. "Kita akan menunggu perkembangan di tanggal penyelenggaraan Kota Solo masuk PPKM level berapa. Jika level 2 kemungkinan besar nanti seluruh ofisial dan pemain tamu pendamping VVIP dan penonton biasa itu kita lakukan screaning (Swab Antigen)," tambahnya.

"Jika masuk PPKM level 1, untuk penonton itu tidak perlu screaning, cukup sebelum masuk ke tempat acara itu membarkode peduli lindungi untuk mengetahui sudah vaksin lengkap atau belum agar bisa masuk tempat penyelenggaraan," pungkas Zaherman.
(atk)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1507 seconds (11.252#12.26)