Jokowi Akan Cek Pembangunan IKN Nusantara 3 Bulan Sekali

Senin, 11 Juli 2022 - 18:34 WIB
loading...
Jokowi Akan Cek Pembangunan IKN Nusantara 3 Bulan Sekali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan datang tiga bulan sekali ke lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan datang tiga bulan sekali ke lokasi pembangunan Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kehadiran Jokowi itu untuk mengecek perkembangan pembangunan IKN Nusantara.

"Mungkin tiga bulan sekali beliau akan ke sana," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Basuki menuturkan, kedatangan Jokowi diharapkan semakin membuat masyarakat mendukung pembangunan IKN Nusantara. "Untuk beri semangat dan menghangatkan terus supaya orang yakin kita mau pindah," kata Basuki.

Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai, Istana Presiden hingga Fasilitas Esensial



Dengan perkembangan yang ada, Basuki mengaku optimistis pada 2024 IKN Nusantara sudah terbentuk bangunan utama istananya. Apalagi, kata Basuki, biaya untuk membenahi DKI Jakarta lebih mahal dibandingkan biaya pembuatan IKN Nusantara.

Pasalnya, DKI Jakarta mengalami penurunan tanah sehingga air di dataran Jakarta tak bisa mengalir ke laut jika tak ada perbaikan. "Kalau kami di Kementerian PU sadar bahwa Jakarta ini daya dukungnya sudah tidak mungkin lagi dikembangkan. 13 sungai berdasarkan data dan model yang kami buat, 15-20 tahun, mungkin 15 tahun sejak 2015, itu tidak akan bisa yang mengalir gravitasi ke laut kecuali kalau kita bikin tanggul yang tinggi-tinggi," ungkap Basuki.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1489 seconds (11.97#12.26)