Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan

Senin, 11 Juli 2022 - 05:04 WIB
loading...
Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk periode 11 Juli 2022. Di mana sebagian wilayah Indonesia berpotensi hujan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk periode 11 Juli 2022. Di mana sebagian wilayah Indonesia berpotensi hujan .

BMKG mengatakan terpantau adanya wilayah konvergensi atau yang biasa disebut pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Banda Aceh, Selat Malaka, Laut Jawa, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Baca juga: Waspada, Potensi Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Selatan Banten-Jawa Barat

“Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar,” ungkap Prakirawan BMKG, Yuni Maharani lewat YouTube resmi BMKG dikutip, Senin (11/7/2022).

Prakiraan untuk Pulau Sumatera diprediksi cerah berawan hingga berawan terdapat di wilayah Medan, Padang, Bandar Lampung, dan juga Palembang. Sementara, adanya potensi hujan ringan terjadi di wilayah Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Tanjungpinang.

“Dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan petir terdapat wilayah Pekanbaru dan juga Banda Aceh,” imbaunya.

Selanjutnya untuk wilayah Jawa, diprediksi cerah berawan hingga berawan wilayah Serang, DKI Jakarta, dan Surabaya. Dan adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Semarang, DI Yogyakarta, dan juga Bandung.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprediksi berawan terdapat di wilayah Kupang. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Denpasar dan hujan sedang terdapat di wilayah Mataram.

Kemudian, Pulau Kalimantan diprediksi berkabut terdapat di wilayah Pontianak, hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya dan juga Banjarmasin. “Dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Selor dan juga Samarinda,” papar Yuni.

Pulau Sulawesi diprediksi berawan terdapat di wilayah Palu, berawan tebal terdapat di wilayah Gorontalo, adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Manado, Kendari, dan juga Makassar, dan adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Mamuju. Baca juga: BMKG Sebut Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan

Selanjutnya untuk wilayah Indonesia bagian timur, diprediksi cerah berawan hingga berawan terdapat di wilayah Ternate dan Jayapura. “Dan adanya potensi jaringan terdapat di wilayah Ambon dan juga Manokwari,” tutupnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1667 seconds (10.177#12.26)