Mutasi TNI, Mantan Ajudan Jokowi Masuk Ring 1 Istana Tembus Bintang 2

Sabtu, 09 Juli 2022 - 07:13 WIB
loading...
Mutasi TNI, Mantan Ajudan Jokowi Masuk Ring 1 Istana Tembus Bintang 2
Mantan ajudan Presiden Joko Widodo, Laksma TNI Hersan dipromosikan sebagai Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara atau Sesmilpres Kemsetneg. FOTO/TNI AL
A A A
JAKARTA - Karier Laksma TNI Hersan semakin mencorong. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu dipromosikan sebagai Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara atau Sesmilpres Kemsetneg.

Promosi Laksma Hersan tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat yang diteken Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa itu berisi daftar 180 perwira yang dimutasi.

"Laksma TNI Hersan, jabatan lama Staf Khusus KSAL, jabatan baru Sesmilpres Kemsetneg. Sertijab menunggu keppres," bunyi salinan SK Panglima TNI, dikutip Sabtu (9/7/2022).

Baca juga: Mutasi TNI, 39 Kolonel dari AD, AL, dan AU Pecah Bintang

Berdasarkan mutasi dan promosi jabatan tersebut, Hersan akan menggantikan Marsekal Muda Mohammad Tony Harjono. Tony dipromosikan sebagai Danseskoau, menggantikan Marsdya TNI Nanang Sutrisno. Dengan demikian, penerbang jet tempur Sukhoi itu akan tembus bintang 3.

Hersan pun mendapat berkah dari mutasi ini. Dengan bertugas di Ring 1 Istana, dia bakal promosi bintang 2 alias laksama muda (laksda) TNI.

Menariknya, Hersan dan Tony pernah tugas bersama di Istana. Mereka sama-sama pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014.

Baca juga: Mutasi TNI, Jenderal Kopassus Akmil 92 Susul Maruli Simanjutak Tembus Bintang 3

Untuk diketahui, pada periode pertama menjabat presiden di 2014, Jokowi memilih empat perwira sebagai ajudan. Dari TNI AD yakni Kolonel Inf Widi Prasetijono (kini Pangdam IV/Diponegoro, berpangkat mayjen). Kemudian dari AU Kolonel Penerbang M Tony Harjono, yang saat ini Sesmilpres Kemsetneg menuju Dankodiklatau.

Dari TNI AL ajudan Jokowi yakni Kolonel (L) Hersan. Adapun dari Kepolisian yaitu Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo (kini Kapolri, pangkat jenderal polisi).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2261 seconds (10.177#12.26)