Mengenang Momen Shinzo Abe Balas Twitter Jokowi dengan Bahasa Indonesia

Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:53 WIB
loading...
Mengenang Momen Shinzo Abe Balas Twitter Jokowi dengan Bahasa Indonesia
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Jepang. Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dilaporkan meninggal dunia setelah ditembak seorang pria dalam kampanye di Jepang barat, Jumat (8/7/2022).

Abe mengumumkan pengunduran dirinya sebagai PM pada 28 Agustus 2020 silam karena alasan kesehatan. Pengumuman mundur itu dilakukan dalam konferensi pers di Tokyo dan disiarkan televisi secara nasional.

Sejumlah pemimpin dunia merespons pengunduran diri itu. Salah satunya Presiden Joko Widodo. Melalui Twitter, Jokowi menyampaikan terima kasih atas persahabatan yang dibangun antara Indonesia-Jepang selama ini.



Mengenang Momen Shinzo Abe Balas Twitter Jokowi dengan Bahasa Indonesia


Jokowi mengenang Abe sebagai salah satu pemimpin dunia pertama yang ditemuinya seusai terpilih sebagai Presiden RI pada 2014. Mantan wali kota Solo ini pun memuji kepemimpinan politikus Partai Demokrat Liberal (LDP) itu.



“PM Abe was one of the first world leaders I met when I took office as President of Indonesia in 2014. Under his leadership, we witness stronger bilateral relations between Indonesia-Japan. Thank you PM @AbeShinzo @JPN_PMO for your friendship. Wishing you good health always,” tulis Jokowi pada 28 Agustus 2020.

Menariknya, Shinzo Abe membalas cuitan Presiden Jokowi dengan Bahasa Indonesia. Pria yang pernah menjabat PM selama 4 periode itu menyampaikan terima kasih atas simpati Jokowi.

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pesan hangat yang telah Yang Mulia tulis,” kata Abe dalam akun Twitternya, @AbeShinzo pada 1 September 2020.

Abe ditembak saat pidato kampanye di Jepang barat dan diterbangkan ke rumah sakit. Para pejabat mengatakan dia tidak bernapas dan jantungnya telah berhenti. Polisi telah menangkap seorang tersangka pria bersenjata di tempat kejadian. Serangan itu mengejutkan di salah satu negara teraman di dunia dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat. Kantor Berita NHK melaporkan Abe meninggal dunia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2936 seconds (0.1#10.140)