Profil Mayjen TNI Mohamad Hasan, Mantan Danjen Kopassus yang Jadi Pangdam Termuda

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:47 WIB
loading...
Profil Mayjen TNI Mohamad Hasan, Mantan Danjen Kopassus yang Jadi Pangdam Termuda
Profil Mayjen TNI Mohamad Hasan cukup menarik perhatian. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil Mayjen TNI Mohamad Hasan cukup menarik perhatian. Apalagi dia ditunjuk menjadi Pangdam Iskandar Muda yang dipromosikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sejak 9 Desember 2021.

Jabatan ini membuat Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, S.H. ini mendapat predikat baru, yaitu sebagai Pangdam termuda di Indonesia untuk saat ini. Selama ini posisi Pangdam memang masih diduduki oleh para senior Mohamad Hasan. Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak merupakan Pangdam termuda setelah Hasan. Pangdam Maruli merupakan jebolan Akademi Militer tahun 1992.

Baca juga : Profil Mayjen TNI Candra Wijaya, Sekarang Jadi Asrena Jenderal Dudung

Setelah itu ada Pangdam Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto dan Pangdam Mulawarman Mayjen Teguh Pudjo Rumekso yang dari Akmil tahun 1991. Sedangkan yang paling senior adalah dari angkatan 1987.

Dilansir dari berbagai sumber, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan merupakan perwira tertinggi TNI-AD. Lulusan Akademi Militer tahun 1993 ini dikenal berpengalaman dalam Infanteri Kopassus. Dia pernah menjadi Komandan Grup A Paspampres dan Komandan Korem 061/Surya Kencana.

Hasan diangkat menjadi Danjen Kopassus menggantikan peran Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang kini dipercaya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat. Sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus.

Pengankatan pria kelahiran Bandung ini tentulah berdasar pengalaman dalam Komando Pasukan Khusus tersebut. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Komandan Kompi 113/Kalajengking Grup 1, Kasi Intel Grup 1 hingga Komandan Kodim di Aceh Timur.

Sepak terjang pria yang lahir pada 13 Maret 1971 ini sempat bertugas di Operasi Timor Timur tahun 1995 dan Irian Jaya tahun 1999 lalu.

Baca juga : Jabat Danjen Kopassus, Ini Profil Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa

Dengan diangkatnya Hasan menjadi Pangdam Iskandar Muda berarti dia resmi melepas dan menyelesaikan jabatan sebagai Danjen Kopassus dengan semua tugasnya yang telah diselesaikan dengan baik.

Sebelumnya dia menjabat sebagai Danjen Kopassus selama 1 tahun 3 bulan. Saat ini Kopassus memang sedang giat giatnya melakukan penataan dan pengembangan kemampuan, keterampilan prajurit melalui pendidikan, latihan dan lain sebagainya dalam melaksanakan tugas baik di dalam maupun di luar negeri.

Suami dari Ririx Rahmalia ini memang selalu mendukung dan berharap supaya Kopassus ke depan lebih profesional tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan global untuk mendukung tugas pokok TNI.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)