Mahfud MD Ungkap Sering Diberi Amplop Tjahjo Kumolo, Isinya Mengejutkan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:44 WIB
loading...
Mahfud MD Ungkap Sering Diberi Amplop Tjahjo Kumolo, Isinya Mengejutkan
Menko Polhukam Mahfud MD kembali mengenang tentang Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022). Tjahjo kerap memberi Mahfud MD amplop tebal. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali mengenang Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) kemarin. Mahfud mengaku kerap menerima amplop tebal dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) itu.

Hal ini diungkapkan Mahfud MD melalui akun Twitternya, Sabtu (2/7/2022). Awalnya, Mahfud MD menceritakan tentang pertemuan perdananya dengan Tjahjo Kumolo.

"In memoriam. Sy bertemu langsung dan ngobrol dgn Pak Tjahyo Kumolo adl pd Idul Fithri th 2000, saat sy baru diangkat sbg Menhan. Saat itu sy berlebaran di rmh Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahjo ada di sana. Secara khusus dia memberi amplop yg sdh ditulis tujuannya: utk Pak Mahfud," tulis Mahfud MD dikutip, Sabtu (2/7/2022).



Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu kemudian menuturkan pertemuan terakhirnya dengan Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada 30 Mei 2022.

"Terakhir sy bertemu dan berbicara dgn Pak Tjahjo jg saat ada acr yg dihadiri Ibu Megawati, yakni, pd acr peresmian Smart School Dr. Ir. Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 30 Mei 2022. Saat itu pun dia menyerahkan satu amplop kpd sy sambil ngobrol berdua sebentar," katanya.

Di luar dua pertemuan itu, kata Mahfud, dirinya juga kerap berjumpa dengan Tjahjo Kumolo. Uniknya, mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) itu juga sering memberikan amplop kepada Mahfud MD.

Baca juga: Abdul Mu'ti Ungkap Jasa Besar Tjahjo Kumolo untuk Muhammadiyah

"Di antara pertemuan pertama dan terakhir itu kami jg srng bertemu; beliau jg sering memberi amplop tebal. Apa isi amplop2 itu? Ttg konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini dan aktor2 kuncinya di Indonesia. Pak Tjahjo rupanya rajin membuat analisis yg dilengkapi dgn diagram2," katanya.

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta karena sakit, Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.00 WIB. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan dengan upacara penghormatan militer sebagai bentuk penghormatan negara.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1672 seconds (11.97#12.26)