Melihat Asrama TKW di Selangor: Fasilitas Lengkap dan Bersih, hanya Potong Gaji 3 Ringgit per Bulan

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:50 WIB
loading...
Melihat Asrama TKW di Selangor: Fasilitas Lengkap dan Bersih, hanya Potong Gaji 3 Ringgit per Bulan
Ribuan tenaga kerja wanita (TKW) tinggal di asrama Pasangpuri Sri Ayu, Bandar Baru Bangi, Selangor Malaysia. Foto/SINDOnews/Puguh Hariyanto
A A A
SELANGOR - Ribuan tenaga kerja wanita (TKW) tinggal di asrama Pasangpuri Sri Ayu, Bandar Baru Bangi, Selangor Malaysia . Mereka ini bekerja di pabrik Sony Malaysia.

Total ada 1.336 TKW yang tinggal di sana, dari total penghuni sekitar 3.000 orang. Mereka ini hanya diwajibkan membayar 3 ringgit Malaysia setiap bulan, dengan cara potong gaji, untuk bisa tinggal di sana.

Asrama tersebut berupa rusun yang terawat dengan sangat baik. Ya kebersihannya, ya fasilitas pendukung lainnya. Seperti air dan listrik.Tentu ini sangat meringankan para TKW karena semua fasilitas sudah disediakan perusahaan. Sofa, televisi, kulkas, peralatan dapur, kulkas, dan lain sebagainya.



Untuk membuat betah para penghuni, Perbadanan Kemajuan Negeri Selangor (PKNS) mengelompokkan mereka berdasarkan negara asal dan agama. Misalnya TKW beragama Islam sebisa mungkin berada dalam satu rusun. Begitu juga yang beragama Kristen.

PKNS ini merupakan BUMN Selangor yang khusus menyediakan tempat tinggal. Asrama mereka di Bangi ya kemudian disewa oleh Sony Malaysia untuk tempat tinggal para pekerjanya.

Total Pangsapuri Sri Ayu memiliki 390 unit rusun. Ratusan unit ini berada di tujuh tower. "Setiap rusun memiliki luas 650 kaki persegi, tiga kamar tidur, dan dua kamar mandi," kata Pengurus Besar Kanan Pentadbiran PKNS, Saharom Mohni di Pangsapuri Sri Ayu, Rabu (29/6/2022).

Melihat Asrama TKW di Selangor: Fasilitas Lengkap dan Bersih, hanya Potong Gaji 3 Ringgit per Bulan


SINDOnews dan sejumlah Media Tanah Air berkunjung ke Pangsapuri Sri Ayu atas undangan Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI). "Kami berharap kunjungan ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia bagaimana kehidupan yang bisa dinikmati warga negara asing yang datang secara sah dan mengikuti semua peraturan," jelasnya.

Asisten Manajer HRD Sony Malaysia Zalham bin Jani menuturkan, penyediaan asrama bagi para pekerja ini sebagai bagian fasilitas perusahaan. Tujuannya agar mereka betah dan bisa maksimal bekerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)