Arab Saudi Sediakan Fast Track di Bandara Soetta, Pengecekan Dokumen Jamaah Haji Hanya 2 Menit

Minggu, 26 Juni 2022 - 12:00 WIB
loading...
Arab Saudi Sediakan Fast Track di Bandara Soetta, Pengecekan Dokumen Jamaah Haji Hanya 2 Menit
Arab Saudi menyediakan fasiltas fast trarck untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah haji. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saud i terus berbenah dalam pelayanan ibadah haji. Tahun ini, Arab Saudi menyediakan Makkah Route atau fast track di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Ini adalah fasilitas pre clearance atau pemeriksaan dokumen oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi. Tujuannya mempermudah calon jamaah haji agar tidak perlu lagi pemeriksaan dokumen terkait saat tiba di Jeddah.

Penerapan tersebut pun disambut baik oleh para calon jamaah haji. Tanggapan positif dinyatakan oleh salah satu jamaah dari Bekasi, Dwi Haryanto.

Baca juga: Update Haji 2022: 14 Jamaah Indonesia Wafat di Tanah Suci

Ia menyebutkan, fast track yang dilakukan di Bandara Soetta jauh lebih cepat ketimbang di Jeddah. Bahkan, ia mengaku pengecekan tersebut hanya membutuhkan waktu dua menit.

"Proses dari makkah route hanya berlangsung selama dua menit, saya kira ini (Makkah Route) adalah suatu terobosan yang bagus," kata Dwi di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang dikutip Minggu (26/6/2022).

Ia menyatakan, Makkah Route lebih efektif daripada pemeriksaan dokumen yang dilakukan di Jeddah. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya saat melaksanakan ibadah umroh.

"Proses imigrasi yang sangat cepat dan simple karena dibandingkan dengan ketika kita penerbangan umroh di Jeddah antrinya sangat panjang dibandingkan dengan apa yang sekarang saya dapatkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," paparnya.



Sebelumnya, jamaah haji Indonesia gelombang II kloter 24 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 24) yang tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menikmati layanan fast track.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1351 seconds (11.97#12.26)