JK Sampaikan Pesan Damai Masjid Indonesia untuk Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:42 WIB
loading...
JK Sampaikan Pesan Damai Masjid Indonesia untuk Dunia
Ketua Umum DMI Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam silaturahim dengan sejumlah duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat di ruang pertemuan Pimpinan Pusat DMI di Jakarta, Rabu (22/6/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK bersama jajarannya bersilaturahim dengan sejumlah duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat di ruang pertemuan Pimpinan Pusat DMI di Jakarta, Rabu (22/6/2022). Silaturahim bertujuan selain untuk lebih memperkenalkan DMI, juga membuka jalan meningkatkan kerja sama bagi kemakmuran masjid di seluruh dunia.

Hadir dalam acara itu antara lain dua Wakil Ketua Umum PP DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin dan KH Farid Masdar Mas’udi, Duta Besar Kesultanan Oman selaku Dean of Diplomatic Corps of Islamic Countries Nazar bin Ali Julanda bin Majid Al Said dan para duta besar atau wakil kedutaan.

Acara silaturahim ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Milad ke-50 DMI dengan puncak acara pada 27 Juni 2022 di Gedung PP DMI, Jakarta, dan penyerahan DMI Award. Sebagai rangkaian acara, PP DMI menyelenggarakan Musabaqoh Adzan pada 17 Juni 2022 di Masjid Istiqlal dan akan mengadakan konferensi Masyarakat Masjid ASEAN pada 20 Juli nanti.



Dalam sambutan berjudul 'Peace Message from the Indonesian Mosques to the World', JK mengatakan, menandai Milad DMI ke-50, ia ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana memimpin DMI yang merupakan organisasi payung dari lebih 800.000 masjid di seluruh Indonesia. PP DMI telah bekerja mempromosikan peran masjid memperbaiki sosio-ekonomi komunitas dengan visi 'Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid'.

Mantan Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia ini menceritakan Raja Salman dari Arab Saudi, yang pernah berkunjung ke Indonesia pada Maret 2018, terkejut mendengar kabar tentang jumlah masjid yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah yang besar, JK mengimbau kehadiran ribuan masjid dapat mendorong masyarakat agar menjadi lebih baik.

Menurut JK, di Indonesia berlaku lima hari kerja mulai Senin hingga Jumat dan dua hari libur yakni Sabtu dan Ahad. "Dampaknya salat Jumat berlangsung pada hari kerja. Konsekuensinya masjid ada di mana-mana, di kantor, di sekolah, di SPBU. Ini berbeda dari negara-negara Islam lainnya yang pada setiap Jumat sebagai hari libur kerja," ujarnya.

Baca juga: DMI Terbitkan SE Ramadhan 1443 H, Toa Masjid Hanya untuk Azan, Iqamah, dan Tartil Quran 10 Menit

Selain itu, 90% masjid di Indonesia milik masyarakat, sehingga independen, hanya 10% milik pemerintah. Masjid-masjid itu menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti pelatihan bagi para juru dakwah (dai) dan para jamaahnya. JK mengajak masjid-masjid untuk dijadikan pusat pendidikan di samping pusat dakwah seperti Masjid Al Azhar di Kebayoran, Jakarta Selatan.

Di Jakarta sendiri terdapat 6.000 masjid. Suara azan dari masjid-masjid itu berkumandang pada saat bersamaan. Menurut JK, suara azan dari masjid-masjid yang berdekatan harus diatur sedemikian rupa agar terdengar indah, syahdu dan tidak saling bertabrakan.

Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki jumlah masjid yang relatif banyak dan ada kotanya dijuluki 1.000 masjid. "Perlu ada aturan tentang penataan speaker masjid yang baik," ujarnya.

Terkait dengan program DMI, dia mengatakan, organisasi ini memiliki program-program unggulan mulai dari penanganan sound system masjid, program bersih masjid, program kesehatan berbasis masjid, program khusus untuk membuat arsitektur masjid.

"DMI menggandeng sejumlah pihak untuk mewujudkan masjid bersih dan sehat, bekerja sama dengan konsultan arsitektur masjid yang baik," katanya.

Terkait dengan akustik masjid, JK mengatakan 70% kegiatan ummat di masjid ialah mendengarkan khutbah, ceramah, pengumuman penting. "Jadi akustik masjid-masjid penting," ujarnya.

Pada bagian lain dia mengatakan banyak imam masjid asal Indonesia saat ini bekerja di negara-negara Arab dan di kawasan Timur Tengah. Di masa lalu banyak imam dari negara-negara Arab, Timteng yang berdakwah untuk mensiarkan Islam di Indonesia. Negara-negara Arab dan Timteng memiliki hubungan erat dengan umat Islam di Indonesia.

Rabithah al-Alam al Islami saat ini sedang bekerja sama denga DMI untuk membangun museum sejarah Nabi Muhammad SAW dan membangun Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk kuliah di perguruan tinggi itu.

Untuk mengatasi dampak globalisasi dan pandemi Covid-19, JK juga mendorong para pengurus masjid memainkan peran dengan menggalakkan wakaf dan zakat untuk memajukan ekonomi ummat. Wakaf dan zakat penting bagi kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi dan madrasah atau sekolah untuk pencerahan sosio-kultural.

"Kami akan membangun kolaborasi sinergi untuk melaksanakan tiga hal yakni masjid, wakaf dan madrasah untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran ummat. Mari kita makmurkan masjid dan dimakmurkan masjid," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)