Miliki Elektabilitas Tertinggi, Prabowo Tokoh Paling Pantas Gantikan Jokowi

Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:23 WIB
loading...
Miliki Elektabilitas Tertinggi, Prabowo Tokoh Paling Pantas Gantikan Jokowi
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto tokoh yang paling pantas menggantikan Presiden Jokowi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto memiliki tingkat keterpilihan atau elektabilitas paling tinggi dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hal itu terlihat dalam hasil survei yang baru saja dirilis oleh lembaga survei Jakarta (LSJ).

"Jadi berdasarkan persepsi publik, tokoh yang pantas menggantikan Presiden Jokowi adalah Prabowo Subianto dengan persentase sebesar 29,4%," kata peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto dalam paparanya, Jumat (17/6/2022).

Di peringkat kedua, ada sosok Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 22,2%. Sementara, di peringkat ketiga, diisi oleh Anies Baswedan sebesar 17,4%. Fetra menyampaikan ketiga tokoh ini yang sampai hari ini terlihat bersaing sangat ketat.



Sebab, tokoh-tokoh lainnya masih berada di bawah dua digit elektabilitasnya. Mereka di antaranya; Ridwan Kamil sebesar 6,5%, Sandiaga Uno sebesar 4,6%, dan muncul nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di posisi enam dengan elektabilitas sebesar 3,6%.



Di peringkat ketujuh, ada Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 3,4%; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 3,2%, Dedi Mulyadi sebesar 3,0% dan di peringkat kesepuluh ada Moeldoko sebesar 2,8%.

Untuk diketahui, survei nasional LSJ ini dilaksanakan pada 28 Mei-6 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 atau berusia 16 tahun ke atas. Jumlah sampel sebesar 1.450 responden yang diperoleh melalui teknik multi-stage random sampling. Margin of error yang ditetapkan sebesar +/- 2,57% dengan level of confidence 95%. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)