Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Diminta Copot Menteri Bermasalah

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:53 WIB
loading...
Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Diminta Copot Menteri Bermasalah
Presiden Jokowi dikabarkan bakal melakukan reshuffle kabinetnya pada Rabu, 15 Juni 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet semakin kencang menyusul pemanggilan sejumlah menteri dan elite partai politik ke Istana Negara pada hari ini. Kabar yang beredar, reshuffle akan dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu, 15 Juni 2022, besok.

Perombakan Kabinet Indonesia Maju mendapat dukungan dari elemen masyarakat. Salah satunya, Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formasi). ā€¯Reshuffle perlu dilakukan, utamanya kepada menteri yang bermasalah. Sepatutnya presiden mencopot menteri yang bermasalah," kata Koordinator Formasi, Insan Enggala di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Politikus PDIP Sebut Rabu Pahing Besok Hari Baik untuk Reshuffle Kabinet

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan kepada wartawan di lingkungan Istana, Selasa yang sama, waktu untuk melakukan reshuffle atau perombakan kabinet ditentukan sepenuhnya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Reshuffle Kabinet 2022, Sejumlah Nama Ini Kena Geser?

"Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja ya terserah Presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," kata Pramono Anung.

Soal reshuffle ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis, 2 Juni 2022 lalu menyatakan, saat ini pemerintah Indonesia menghadapi masalah ekonomi yang harus dijawab secara responsif. "Kita kan fokus ini banyak sekali permasalahan yang harus ditangani secara cepat. Ekonomi global. Sangat dinamis. Kita harus sangat responsif. Pandemi kita juga harus antisipatif. Jadi kita fokus kerja," ujar Pratikno.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (10.177#12.26)