Santer Isu Reshuffle Kabinet 2022, Ini Sejumlah Posisi yang Dikabarkan Diganti

Selasa, 14 Juni 2022 - 20:02 WIB
loading...
Santer Isu Reshuffle Kabinet 2022, Ini Sejumlah Posisi yang Dikabarkan Diganti
Isu Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kian kencang seiring dipanggilnya sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan hari ini. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kian kencang seiring dipanggilnya sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan hari ini. Sejumlah posisi menteri di Kabinet Indonesia Maju dikabarkan bergeser dan akan diumumkan pada Rabu (15/6/2022).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah kabar mengenai bakal ada reshuffle jilid 3 di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. “Karena pemerintahan ini masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan itu Presiden yang memutuskan,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Berdasarkan perkembangan beberapa hari terakhir dan informasi yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), sejumlah posisi di Kabinet Indonesia Maju yang kemungkinan bergeser di antaranya Menteri Perdagangan M Lutfi dikabarkan akan menjadi Menteri Luar Negeri. Posisinya akan digantikan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Lutfi sore tadi memenuhi panggilan Presiden Jokowi di Istana.

Baca juga: Jelang Reshuffle Kabinet, Mendag dan Wamen ATR BPN Menghadap Jokowi Hari Ini



Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil dikabarkan bakal digantikan Wakil Menteri ATR Surya Tjandra. Keduanya pun hari ini dipanggil ke Istana.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun dikabarkan akan diganti. Santer penggantinya adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Hadi Tjahjanto. Hadi telah memenuhi panggilan Presiden Jokowi hari ini. Posisi Menteri Pertanian juga dikabarkan bakal bergeser dari Syahrul Yasin Limpo ke Rachmat Gobel yang saat ini menjabat wakil ketua DPR.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dikabarkan akan diganti oleh Direktur PLN Darmawan Prasodjo atau Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dikabarkan akan diisi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Selain posisi menteri, akan ada posisi wakil menteri yang akan diisi kader PSI. Kemungkinan besar yang dipilih adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (11.252#12.26)