Simulasi Capres-Cawapres Charta Politika: Ganjar Akan Menang Siapa Pun Pasangannya

Senin, 13 Juni 2022 - 20:12 WIB
loading...
Simulasi Capres-Cawapres Charta Politika: Ganjar Akan Menang Siapa Pun Pasangannya
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang tertinggi siapa pun pasangannya. Hal ini tergambar dalam hasil survei Charta Politika Indonesia. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang tertinggi siapa pun pasangannya. Hal ini tergambar dalam hasil survei nasional dari lembaga Charta Politika Indonesia.

Dalam survei itu, diadakan simulasi 3 nama pasangan capres-cawapres yang akan dipilih publik dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Kita menggunakan simulasi 3 pasangan, dengan 4 simulasi. Di simulasi pertama Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul dengan 36,5 persen. Hampir berimbang, sedikit lebih tinggi Ganjar Pranowo dengan Sandiaga Uno diangka 36,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis virtualnya, Senin (13/6/2022).

Nama figur yang dipasangkan yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Andika Perkasa, Menko Perkonomian Airlangga, Ketum PKB Muahimin Iskandar, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Menurut Yunarto, Ganjar masih menjadi faktor utama dalam pendobrak perolehan suara untuk cawapresnya. Selain itu, nama cawapres yang kuat, kata Yunarto, ialah Sandi dan Ridwan Kamil.

"Dan bisa disimpulkan bahwa Ganjar Pranowo unggul disemua simulasi pasangan, kalau kita coba kotak katik sesuai dengan pemebritaan yang kemarin ramai di media dan faktordari Ganjar masih menjadi faktor utamanya, sedangkan wakil masih jadi faktor sekunder," ungkap Yunarto.

Berikut hasil lengkap simulasi 3 pasangan

Simulasi 1.

- Ganjar - Ridwan Kamil sebanyak 36,5 persen
- Anies - Agus sebanyak 28,8 persen
- Prabowo - Muhaimin sebanyak 24,8 persen

(Yang tidak tahu atau tidak menjawab 9,9 persen).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)