Prabowo Subianto Jadi Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia

Senin, 13 Juni 2022 - 17:26 WIB
loading...
Prabowo Subianto Jadi Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dipercaya menjadi Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia (PTI). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dipercaya menjadi Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia (PTI). Alasannya, Ketua Umum Partai Gerindra itu dinilai peduli dengan petani dan kondisi pertanian di Tanah Air.

Gagasan Prabowo untuk mewujudkan bangsa yang mandiri dan berdaulat pangan menjadi sumber inspirasi manifesto perjuangan Pemuda Tani Indonesia. Selain itu, Prabowo pernah menjabat Ketua Umum DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama 2 periode.

Selain Prabowo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dipercaya menjadi Ketua Dewan Kehormatan, Fary Djemy Francis menjadi Ketua Dewan Penasehat, serta Bayu Dwi Apri Nugroho menjadi Ketua Dewan Pakar.



Adapun komposisi pengurus harian, Ketua Umum DPP PTI Budisatrio Djiwandono, Sekretaris Jenderal PTI Suroyo, dan Bendahara Umum PTI M Atras Mafazi. Selanjutnya diikuti dengan 10 orang wakil ketua umum, 10 wakil sekretaris jenderal, 3 orang wakil bendahara dan 30 bidang yang fokus pada gerakan regenerasi petani.

Pelantikan DPP Pemuda Tani Indonesia (PTI) Periode 2021-2026 itu digelar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 11 Juni 2022. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Rapat Kerja Nasional VI DPP Pemuda Tani Indonesia.

Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Budisatrio Djiwandono menegaskan bahwa pembangunan pada sektor pertanian perlu mendapat perhatian khusus oleh semua elemen bangsa. Terutama generasi muda, karena merupakan sektor strategis negara.

"Berbicara soal pangan adalah hidup matinya suatu bangsa, bonus demografi saat ini, harus didukung dengan ketersediaan pangan yang memadai agar tidak jadi masalah yang krusial dikemudian hari," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini dalam orasi pelantikan.

Baca juga: HKTI Sarankan Pemusnahan Hewan Ternak Terjangkit Wabah PMK

Budi berharap organisasi yang dipimpinnya dapat berkontribusi positif, bersinergi dengan sejumlah stakeholder pertanian lainnya untuk membangun sektor pertanian nasional. "Ke depan kita memiliki target-target secara kelembagaan, soliditas dan SDM kader Pemuda Tani Indonesia diharapkan dapat berkontribusi memajukan sektor pertanian nasional," kata Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)