Bertemu Menhan China, Prabowo Tegaskan Asia Tenggara Kawasan Damai

Minggu, 12 Juni 2022 - 05:44 WIB
loading...
Bertemu Menhan China, Prabowo Tegaskan Asia Tenggara Kawasan Damai
Menhan Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan China General Wei Fenghe di Singapura, Jumat (10/6/2022). Foto/kemhan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan Indonesia akan memegang teguh politik luar negeri bebas aktif. Indonesia mempertahankan wilayah Asia Tenggara sebagai kawasan damai, bebas, dan netral.

Empat hal tersebut tertuang dalam semangat Deklarasi Zone of Peace Freedom and Neutrally (ZOPFAN), sebagaimana disampaikan Prabowo kepada Menteri Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) General Wei Fenghe saat pertemuan bilateral, Jumat (10/6/2022) di Singapura.



Pertemuan tersebut membahas berbagai isu mulai dari penanganan Covid-19, kerja sama yang telah berjalan antara kedua negara di bidang pertahanan, dan isu terkini tekait keamanan global.

“Pertemuan ini merupakan bukti terjalinnya hubungan kerja sama pertahanan yang baik antara kedua negara. Semoga kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan China dapat terus terjaga dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” kata Prabowo dalam keterangannya, Sabtu (11/6/2022).

Prabowo juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas bantuan RRT yang mengirimkan peralatan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. “Bantuan telah kami salurkan ke rumah sakit Kemhan dan TNI,” ujar Prabowo.



Prabowo juga berharap RRT dapat berpartisipasi menyukseskan perhelatan G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Di mana, dalam agenda itu sebanyak 20 negara dengan ekonomi terbesar akan membahas berbagai permasalahan dan tantangan dunia ke depan.

Pertemuan keduanya salah satu agenda Prabowo dalam kunjungan kerja ke Singapura untuk berbicara pada International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022. Agenda ini merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)