Teman Sandi Berharap Silat Tjimande Lebih Dikenal dan Terus Dilestarikan

Minggu, 12 Juni 2022 - 00:56 WIB
loading...
Teman Sandi Berharap Silat Tjimande Lebih Dikenal dan Terus Dilestarikan
Kelompok relawan yang tergabung dalam Teman Sandi menggelar sejumlah kegiatan di Lampung Selatan, Sabtu (11/6/2022). Salah satunya, lomba seni rampak silat aliran Tjimande atau Kesti Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kelompok relawan pendukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024 yang tergabung dalam Teman Sandi menggelar sejumlah kegiatan di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (11/6/2022). Salah satunya, menggelar lomba seni rampak silat aliran Tjimande atau Kesti Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH).

Kegiatan Teman Sandi di Lampung Selatan diawali dengan lomba seni rampak silat aliran Tjimande atau Kesti Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH). Lomba ini digelar di sebuah lapangan bola di Jalan Muchtar Nomor 1, Taman Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Pesertanya terdiri dari tim yang berasal dari 11 desa.

Tim tersebut beranggotakan maksimal 10 peserta. Dari perlombaan tersebut, ada 3 juara yang memperoleh doorprize dari Teman Sandi. Pencak Silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) menjadi salah satu awal mula kelahiran seni beladiri asli Nusantara, yakni seni pencak silat. Perguruan yang lebih dikenal dengan Silat Tjimande ini tersebar di Banten, Jawa Barat, dan Lampung.



Sebelum menjadi perguruan resmi, seni silat ini sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan untuk melawan Belanda. Namun kini, saat telah merdeka, seni silat Tjimande lebih sering dipertunjukkan sebagai seni bela diri.

Dengan adanya kegiatan ini, Teman Sandi berharap pencak silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir lebih dikenal oleh masyarakat dan dapat dilestarikan sebagai warisan budaya bagi penerus generasi selanjutnya.

Para peserta juga turut menyampaikan deklarasi dukungan untuk Sandiaga Uno. Mereka berharap Sandiaga mampu meningkatkan kreativitas masyarakat dan berharap agar ke depannya seni bela diri dapat lebih berkembang lagi.

Ketua Umum Teman Sandi Nurlina Nuha Amedyan meyakinkan bahwa Sandiaga Uno mampu membangkitkan ekonomi rakyat Indonesia jika menjadi presiden di 2024. "Sandiaga Uno mampu meningkatkan kreativitas masyarakat bahkan milenial dan terbukti bahwa Sandiaga Uno dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia," katanya.

Masih berada di Jalan Muchtar Nomor 1, Taman Agung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Teman Sandi menuju ke salah satu rumah peserta untuk melaksanakan lomba masak. Lomba tersebut diikuti 9 tim emak-emak yang masing masing beranggotakan 5 orang.

Lomba masak tersebut diharapkan dapat membangun kekompakan, solidaritas, dan dapat mengasah keahlian memasak. Dari lomba ini, emak-emak menyampaikan deklarasinya kepada Sandiaga Uno.

Harapannya, Sandiaga Uno mampu meningkatkan UMKM dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat. Kegiatan berakhir dengan membagikan puluhan bantuan paket sembako kepada masyarakat di Dusun Sumedang dan Kebon Agung Desa Taman Agung.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)