Temui Moeldoko, Seniman Jawa Timur Ingin Reog Ponorogo Segera Diakui UNESCO

Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:21 WIB
loading...
Temui Moeldoko, Seniman Jawa Timur Ingin Reog Ponorogo Segera Diakui UNESCO
Para seniman Jawa Timur menemui Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para seniman Jawa Timur menemui Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memohon bantuan percepatan pengajuan Reog Ponorogo sebagai intangible cultural heritage atau warisan budaya tak benda (WBTB) dunia.

Para seniman yang berasal dari Surabaya, Pasuruan, Jombang, Ngawi, Tuban hingga Banyuwangi datang ke Ponorogo untuk ikut memeriahkan dan menyemangati seniman Reog yang saat ini sedang berjuang mendapatkan pengakuan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) PBB.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang datang melakukan kunjungan kerja ke Ponorogo sekaligus menghadiri Pesta Rakyat Bukit Gemplah Ponorogo memberikan dukungan kepada seniman Reog.



"Saya mengapresiasi teman-teman seniman. Kehadiran kalian ini menjadi perekat komunitas seniman Etanan (seniman Jawa Timur). Saya juga senang karena kita memiliki semangat yang sama terkait Reog Ponorogo," kata Moeldoko, di Kantor Bupati Ponorogo, Sabtu (11/6/2022).

Perlu diketahui, tim kebudayaan Kedeputian II KSP telah berkoordinasi dengan Kemenko PMK dan Kemendikbud untuk memastikan persyaratan administrasi pengajuan Reog Ponorogo ke UNESCO sudah terpenuhi. Warisan Budaya yang proses administrasinya telah terpenuhi selanjutnya akan diperiksa oleh Komite UNESCO untuk dienkripsi.



"Saya harap komunitas seniman Etanan ini jadi entitas baru yang mampu mengubah potensi yang tertidur jadi kekuatan. Kalau ada kebijakan pemerintah yang tidak tepat, seniman Etanan bersuara," kata Moeldoko.

Seniman Ketoprak, Topan, mengungkapkan saat ini para seniman Etanan berharap agar pemerintah mendukung kelestarian kesenian tradisional dan memastikan kesejahteraan para senimannya.

"Kami hadir ke sini untuk memberikan dukungan kepada seniman Reog. Seniman dukung seniman. Tapi perlu diketahui juga bahwa kami butuh dukungan pemerintah, misalnya untuk melestarikan kesenian ludruk, ketoprak dan kesenian lain yang kehadirannya sudah tidak banyak diketahui," kata Topan.

Komunitas seniman Etanan, lanjut Topan, akan berfungsi untuk mendekatkan para seniman di Jawa Timur. Para seniman juga berkomitmen tidak hanya melestarikan seni adiluhung leluhur, tapi juga terus aktif menyampaikan ke generasi penerus.

"Sebagai orang yang mengenal budaya dan kesenian tradisional di Jawa Timur, kami pikir Bapak Moeldoko bisa menjadi sosok Bapak bagi seniman Etanan. Sosok Bapak yang bisa terus menyemangati kami," tutup Topan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)