Kobarkan Semangat Nasionalisme, Komunitas Soekarnois Gelar Bulan Inspirasi Bung Karno

Kamis, 02 Juni 2022 - 18:18 WIB
loading...
Kobarkan Semangat Nasionalisme, Komunitas Soekarnois Gelar Bulan Inspirasi Bung Karno
Menyambut Bulan Bung Karno Forum Soekarnois akan menggelar sejumlah kegiatan menarik untuk menumbukan semangat nasionalisme. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menyambut Bulan Bung Karno yang jatuh setiap bulan Juni, Forum Soekarnois yang merupakan komunitas anak muda menggelar berbagai kegiatan untuk menyebarkan semangat nasionalisme.

Kegiatan komunitas yang terdiri dari Kulturina, Youthlab, Kedai Pancasila, Lumbung Kreatif dan SelowFood ini mengusung tema “Bulan Inspirasi Bung Karno, sebagai Upaya untuk Mengingat Bapak Bangsa”.

Adapun acara yang digelar antara lain, kompetisi Voice Over bekerja sama dengan Komunitas Voice Over Dubber Announcer Indonesia (KVDAI). Kemudian kompetisi esport bersama IESPA dan festival mural bersama Banten Art Community.

Baca juga: Sebut Peran Penting Bung Karno, Mahfud MD: Pancasila adalah Kesepakatan Luhur

“Dalam rangka menyebarkan semangat nasionalisme dan membangkitkan patriotisme di kalangan pemuda. Ini adalah tahun ke tiga. Tema besarnya adalah Cita-Cita Ekonomi Bung Besar,” tutur Inisiator Forum Soekarnois Bahroji disela-sela bincang-bincang bersama Komunitas Pelukis di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Soekarno Putra Sang Fajar, Kelahirannya Disambut Letusan Gunung Kelud

Bahroji menjelaskan, setiap event yang dilakukan mengandung makna khusus untuk memaknai perjuangan para pendiri bangsa. “Salah satu pemikiran Bung Karno yang menginspirasi adalah gagasan beliau mendorong masyarakat Indonesia mandiri secara ekonomi dengan ekonomi kreatif,” ungkapnya..

Ekonomi kreatif, kata Abah, sapaan akrab Bahroji merupakan sektor ekonomi yang sangat penting yang menuntut setiap individu memiliki daya imajinasi dan mengandalkan kreativitas. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) setidaknya ada 17 subsektor yang dikategorikan menjadi ekonomi kreatif, di antaranya broadcasting, game, kriya dan kuliner.

Inisiator Youthlab Tara Talitha mengatakan, rangkaian kegiatan Bulan Inspirasi Bung Karno merupakan upaya meneruskan semangat, cita-cita dan visi bapak pendiri bangsa, Bung Karno.

“Mengingat Bung Karno adalah bapak bangsa, pendiri negara dan juga Proklamator Indonesia. Jadi sudah sepantasnya kita memperingati dengan baik, sebagai generasi penerus yang bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu Founder Kulturina, Lili Tjahjandari mengatakan, rangkaian kegiatan ini akan digelar di beberapa daerah yakni di Jakarta, Serang, dan Solo. "Semua temanya adalah yang berkaitan dengan ekonomi kreatif," ungkap Pengajar Ilmu Budaya UI ini.

Rangkaian Event Bulan Bung Karno dari Forum Soekarnois:

• Kompetisi Voice Over telah dilakukan sejak 18 April-7 Mei
• Kompetisi esport (23-25 Juni)
• Pasar Gotong Royong (26 Juni)
• Parade Mural Perjuangan (6 Juni)
• Seminar Nasional (Jakarta, 20 Juni)
• Napak Tilas Jejak Bung Karno di Banten (27 Juni)
• Delail Khoirot/Doa Kebangsaan (5 Juni)
• Lomba Fashion dan Kuliner Nusantara (11 Juni).
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2278 seconds (10.177#12.26)