Peringatan Hari Pancasila, Momen Tinggalkan Politik Identitas

Rabu, 01 Juni 2022 - 23:48 WIB
loading...
Peringatan Hari Pancasila, Momen Tinggalkan Politik Identitas
Momen Hari Pancasila harus menjadi perenungan semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan negara.Foto/KORAN SINDO/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Momen Hari Pancasila harus menjadi perenungan semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan negara. Semua pihak untuk meninggalkan politik identitas karena bisa memecah bela keutuhan bangsa Indonesia

Ketua Bidang Hubungan Sayap dan Badan DPP Partai NasDem, Ivanhoe Semen mengatakan, momen hari lahir Pancasila harus menjadi perenungan semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan negara. Ivanhoe pun mengajak kepada semua pihak untuk meninggalkan politik identitas karena bisa memecah bela keutuhan bangsa Indonesia.

"Kami mengajak kepada semua elemen bangsa untuk menjunjung tinggi perbedaan dan saling menjaga. Apalagi jelang hajatan pemilu nanti, tinggalkan politik identitas," kata Ivanhoe dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/6/2022).

Menurutnya, Indonesia bisa maju dan terus berkembang pesat karena lahir dari perbedaan suku, ras dan agama. Karenanya perbedaan itu mesti dijaga dengan baik dengan saling menghormati dan menghargai.

"Kita jangan mundur ke belakang, kita harus maju ke depan. Kita menatap kedepan karena tantangan semakin besar lagi. Kalau kita bicara urusan agama dan suku, kita mundur ke belakang," ujarnya.

Untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila, kata Ivanhoe, pihaknya akan menggelar acara silaturahmi nasional (Silatnas) pada Kamis 2 Juni 2022 dalam rangka memperingati Hari Pancasila dengan mengundang organisasi sayap partai politik, organisasi kepemudaan dan organisasi mahasiswa.

"Kita mengundang sayap partai, organisasi kepemudaan serta mahasiswa menandakan bahwa Nasdem sebagai partai nasionalis yang memiliki tanggungjawab untuk selalu menggaungkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan perekat semua eleman bangsa," ujarnya.

Sebab, menjaga Pancasila bukan hanya tugas Nasdem melainkan tugas bersama. Jadi, Pancasila bukan hanya diperingati saja, tetapi juga harus tercermin dari kehidupan sehari-hari sebagai anak bangsa.

“Negara ini berdiri karena Pancasila. Pancasila menjadi perekat bagi kita semua. Sebagai anak muda kita harus menjadi garda terdepan melawan gerakan-gerakan yang merongrong Pancasila," pungkas Ivanhoe.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)