Mungkinkah KIB Disiapkan Jokowi untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024?

Minggu, 29 Mei 2022 - 10:11 WIB
loading...
Mungkinkah KIB Disiapkan Jokowi untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024?
Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa menjadi perahu bagi Ganjar Pranowo ke Pilpres 2024. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Siapa yang bakal diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024 belum diputuskan. Namun, sejumlah tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi di berbagai survei bursa kandidat Pilpres 2024 dilirik oleh koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara itu, banyak yang menafsirkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Nasional V Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu 21 Mei 2022 sebagai kode dukungan untuk Ganjar Pranowo . Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin juga menafsirkan demikian.





“Kelihatannya sih arah-arahnya Jokowi ke Ganjar. Dari isyarat dan kode yang terlempar di Rakernas Projo tersebut, kelihatannya arah anginnya ke Ganjar,” kata Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Minggu (29/5/2022).

Ujang pun mengaku pernah memprediksi bahwa capres yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak akan didukung Presiden Jokowi. Dari internal PDIP, nama Puan Maharani juga digadang-gadang selain Ganjar Pranowo.



“Indikasi kedua yaitu adanya KIB. Jika KIB mengusung Airlangga sebagai capres, maka KIB merupakan koalisi murni perjuangan ketiga parpol tersebut. Namun jika KIB nanti ujungnya mengusung dan mendukung Ganjar sebagai capres, artinya Ganjar sudah dipersiapkan perahu oleh Jokowi yaitu KIB. Hanya waktu yang akan menjawab,” ujar Ujang.

Jika Jokowi mendukung Ganjar, maka Puan Maharani diyakini akan berhadapan dengan gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024. “Bisa jadi lawan politik dan di dunia politik hal biasa, kawan kadang jadi lawan, dan lawan sering jadi kawan. Nasib Puan bisa saja nanti berpasangan dengan Prabowo,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)