Sambut Presidensi 2022, Perpusnas Terbitkan Buku Dunia Baru Pascapandemi

Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:11 WIB
loading...
Sambut Presidensi 2022, Perpusnas Terbitkan Buku Dunia Baru Pascapandemi
KTT G20. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menyambut penyelenggaraan KTT G20 , Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berkolaborasi menerbitkan buku antologi 150 penulis beragam profesi dari Jawa hingga Papua.

Buku ini berisikan aspirasi masyarakat sekaligus mengangkat nilai-nilai yang menjadi prioritas di forum tersebut.

Perpusnas menyadari Presidensi G20 Indonesia merupakan peristiwa penting yang harus didukung seluruh elemen masyarakat Indonesia sesuai dengan peminatan dan kapasitasnya.
Baca juga: Presidensi G20 Momentum Menggeser Arah Prioritas Investasi

Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat Perpusnas Sri Marganingsih mengatakan, penerbitan buku ini bertujuan membumikan narasi agar mendapat perhatian dan dukungan masyarakat, serta sebagai masukan dalam perhelatan G20.

Adapun tema besar buku ini adalah Dunia Baru Pascapandemi: Percikan Gagasan Pemulihan Dunia dari Indonesia. Tema ini selaras dengan tema Presidensi G20, Recover Together, Recover Stronger.

“Melalui tema ini, gagasan dan pemikiran para penulis/kontributor dapat memberikan kontribusi saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan,” ujar Sri, Kamis (26/5/2022).

Para penulis di buku ini mencoba menjadikan G20 sebagai momentum terbaik bagi masyarakat untuk bersama-sama mendukung kesuksesan yang tidak hanya memberikan dampak positif bagi dunia tetapi juga bagi masyarakat Indonesia.

Sri mengungkapkan pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan dunia dan masyarakat, sehingga dibutuhkan pemikiran dan gagasan bersama bagaimana dapat pulih dari kondisi ini untuk dunia yang lebih baik.

Seiring dengan terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20, terbetik semangat untuk berkontribusi dengan cara mengumpulkan gagasan dari berbagai penulis di Indonesia, terutama pada isu yang menjadi perhatian perhelatan besar tersebut.

Hasil tulisan ini akan dibukukan dan diterbitkan Perpusnas Press untuk menjadi karya yang membumikan narasi agar mendapat perhatian dan dukungan masyarakat, serta sebagai masukan dalam perhelatan G20.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1391 seconds (10.55#12.26)