Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022, Masyarakat Tasikmalaya Lakukan Persiapan

Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:06 WIB
loading...
Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022, Masyarakat Tasikmalaya Lakukan Persiapan
Sehari menjelang pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 kesibukan masyarakat Tasikmalaya semakin meningkat.
A A A
TASIKMALAYA - Sehari menjelang pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 kesibukan masyarakat Tasikmalaya semakin meningkat. Kesibukan tampak di kompleks SMK Plus Al Hasanah di Kecamatan Gunung Tanjung dan di Kantor Kecamatan Puspahiang.

Panitia, petugas terkait dibantu Tagana dan pilar-pilar sosial bahu membahu menyiapkan berbagai kelengkapan. Di antaranya pemasangan peralatan teleconference dan TV 50 inchi dan sound.

Tampak tenda juga sudah berdiri lengkap dengan karpet dengan dekor, backdrop, meja kursi untuk tamu, undangan dan pendamping.

Dua lokasi ini merupakan bagian dari titik-titik aktivitas pelaksanaan Peringatan HLUN 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan di antaranya pemasangan umbul-umbul di titik-titik strategis yaitu jalan utama kecamatan, dan lokasi kegiatan.

Di Kantor Kecamatan Puspahiang, akan dihadirkan sebanyak 309 lansia. Mereka akan menerima layanan yang dibagi menjadi 3 pos yaitu Pos Pelayanan Kesehatan, Pos Pelayanan Pengurusan E-KTP, Pemberian Bantuan Sosial serta senam lansia.

Di sini, akan diberikan bantuan ATENSI dari Sentra Budhi Perkasa Palembang berupa bantuan kewirausahaan, perabot rumah tidak layak huni dan dua ekor kambing (sepaket). Bantuan kebutuhan dasar dan nutrisi (beras, minyak goreng, sarden, sandang, susu, Vit. C) sebanyak 304 paket. Bantuan aksesibilitas (kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak (24 paket). Ada juga bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Di SMK Plus Al Hasanah akan menghadirkan 250 lansia. Mereka akan menerima layanan kesehatan, pelayanan E-KTP, dan pelayanan Vaksin Covid-19.
Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022, Masyarakat Tasikmalaya Lakukan Persiapan

Pada saat acara diberikan bantuan Atensi yakni nutrisi dan sandang 250 paket, kacamata 7 set, kursi roda adaptif 16 unit, kursi roda standar 40 unit, alat bantu dengar 18 set, tongkat jalan 24 batang, walker 5 set, dan isian hunian RTLH 1 paket, dengan total bantuan senilai Rp548.705.000.

Diserahkan pula bantuan kearifan lokal Rp50.000.000 berupa usaha kelompok paguyuban lansia produktif berupa ternak ikan, ternak itik.

Kemensos juga membantu melalui Tagana Masuk Sekolah (TMS) di dua sekolahan oleh Dit. Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Tagana. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)