8 Jenderal TNI yang Memiliki Menantu Tentara, Nomor 3 Sukses Jadi Presiden

Sabtu, 28 Mei 2022 - 06:29 WIB
loading...
A A A
Semasa hidupnya, Jenderal TNI (Purn) Achmad Tahir pernah menjabat berbagai posisi penting di militer maupun pemerintahan. Dia juga banyak memperjuangkan nasib para veteran ketika menjadi Ketua Umum Legiun Veteran Indonesia (LVRI). Achmad Tahir mempunyai menantu seorang tentara yaitu, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, yang menikahi putrinya, Linda Amalia Sari. Baik Achmad, Agum, maupun Linda, sama-sama pernah menjadi menteri.

Achmad Tahir merupakan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi tahun 1983-1993. Sementara Agum Gumelar sempat beberapa kali menjabat sebagai menteri, di antaranya Menteri Perhubungan 1999 dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan pada 2001. Sedangkan Linda Amalia dilantik sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 2009.

6. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Letjen TNI Maruli Simanjuntak

8 Jenderal TNI yang Memiliki Menantu Tentara, Nomor 3 Sukses Jadi Presiden


Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan juga mempunyai menantu tentara. Sang menantu, Letjen TNI Maruli Simanjuntak, dilantik sebagai Pangkostrad TNI AD pada 31 Januari 2022. Namanya telah diprediksi oleh banyak pengamat sebagai calon kuat yang akan menduduki posisi Pangkostrad lantaran Maruli dinilai memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Pangdam IX/Udayana ini pernah menjadi Komandan Paspampres TNI pada 2018-2020. Maruli menikahi putri Luhut yang bernama Paulina Pandjaitan pada 1999.

7. Jenderal TNI Dudung Abdurachman

8 Jenderal TNI yang Memiliki Menantu Tentara, Nomor 3 Sukses Jadi Presiden

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan tokoh militer yang juga memiliki menantu seorang tentara. Putri pertamanya, drg Nadine Aqmarina Setyaningsih menikah dengan seorang prajurit Korps Baret Merah Kopassus. Acara pernikahan berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta, Sabtu, 22 Januari 2021.

Dudung merupakan Abituren Akademi Militer (Akmil) 1988. Sebelum menjadi orang nomor satu di TNI Angkatan Darat (AD), Dudung pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di antaranya, Pangkostrad, Pangdam Jaya, Gubernur Akademi Militer (Akmil) dan sebagainya.


8. Mayjen Teguh Pudjo Rumekso

8 Jenderal TNI yang Memiliki Menantu Tentara, Nomor 3 Sukses Jadi Presiden

Foto/istimewa

Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso sempat masuk daftar calon Pangkostrad beberapa waktu lalu. Namun, dirinya sampai sekarang masih menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman. Teguh menikah dengan Dewi Susilowati dan dikaruniai 4 putri. Dalam salah satu unggahan di akun Instagram @riomotret, tampak beberapa foto Teguh bersama istri, keempat putrinya, serta seorang lelaki yang mengenakan pakaian tentara TNI AD. Diketahui, lelaki bernama Dendy tersebut adalah menantu Teguh. Lettu Inf Dendy Wira Sakti menikah dengan salah satu putri Teguh, Shafira Nabila Dewi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6157 seconds (0.1#10.140)