Lomba Maskot BNPT Dinilai Jadi Cara Cerdas Raih Partisipasi Publik

Rabu, 25 Mei 2022 - 09:07 WIB
loading...
Lomba Maskot BNPT Dinilai Jadi Cara Cerdas Raih Partisipasi Publik
Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menyambut HUT ke-12 Badan Nasional Penangulangan Terorisme ( BNPT ) pada 16 Juli 2022 mendatang, digelar Kompetisi Desain Maskot BNPT . Hal ini disambut antusias para pegiat media sosial.

Baca juga: Kepala BNPT Imbau Penceramah Gelorakan Semangat Nasionalisme

Ketua Garuda Siber NKRI Nirmala Firdaus mengatakan, cara BNPT untuk melibatkan seluas-luas peran serta publik dalam acara ini, merupakan cara cerdas dan kreatif.

"Apalagi caranya pun tidak rumit, sangat sederhana. Tetapi dengan cara sederhana pula masyarakat bisa mengenal BNPT melalui situs, media sosial yang dimiliki BNPT, bahkan BNPT TV," kata Nirmala dalam keterangannya, Rabu (25/5/2022).
Lomba Maskot BNPT Dinilai Jadi Cara Cerdas Raih Partisipasi Publik

Hal itu ditunjukkan Nirmala dengan membuktikan efektifnya cara-cara gampang sebagai syarat keikutsertaan masyarakat dalam lomba yang menjanjikan banyak hadiah menarik tersebut.

"Misalnya, peserta diminta mem-follow dan subscribe akun media sosial resmi BNPT RI, akun Youtube Humas BNPT serta BNPT TV," ucap Nirmala.

"Itu artinya, membuka kesempatan agar media-media penting diseminasi informasi BNPT tersebut dikunjungi, dikenal dan pada gilirannya menjadi saluran informasi tepercaya di masyarakat," tambahnya.

Nirmala yakin, kesan pertama publik terhadap akun-akun media sosial BNPT tersebut akan membuat mereka menjadi follower akun-akun itu.

"Pasalnya, akun-akun medsos BNPT, mulai dari Instagram, akun YouTube dan BNPT TV, penuh dengan konten-konten yang kreatif dan menarik, sehingga informasi yang hendak disampaikan BNPT pun sampai dan tertanam secara efektif dan kognisi pemirsa," jelas Nirmala.

"Jadi, dengan menariknya konten di akun-akun itu, memang yang diperlukan hanyalah kesan pertama. Selanjutnya masyarakat sendiri akan enjoy dengan konten-konten kreatif di akun-akun medsos tersebut," tutupnya.

Seperti diketahui, dalam rangkaian peringatan HUT ke-12, BNPT antara lain menggelar Kompetisi Desain Mascot BNPT. Desain dan model maskot tersebut disyaratkan harus memiliki makna tentang toleransi, persatuan dan Indonesia yang penuh harmoni.

Salah satu persyaratannya adalah mem-follow akun-akun media sosial BNPT yang akan membuka intensi lebih jauh antara masyarakat dengan lembaga negara tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)