Mesin KIB Bergerak Maksimal, Pengamat: Elektabilitas Airlangga Bisa Meningkat

Senin, 23 Mei 2022 - 15:08 WIB
loading...
Mesin KIB Bergerak Maksimal, Pengamat: Elektabilitas Airlangga Bisa Meningkat
Nama yang muncul dan cukup menguat di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) adalah Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto (AH). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menghadapi Pilpres 2024, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah dibentuk oleh tiga partai politik (parpol). Ketiga parpol tersebut yakni, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga: Golkar Konsisten Usung Airlangga Jadi Capres 2024

Dari koalisi ini, nama yang muncul dan cukup menguat adalah Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto (AH). Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro memberikan pandangannya terkait peluang Airlangga di Pilpres 2024 ini.

Baca juga: Ngabalin Tegaskan Jokowi Tak Bekingi Koalisi Indonesia Bersatu



"Posisi Golkar sebagai partai besar sangat menguntungkan, karena tidak perlu berkoalisi dengan banyak partai untuk mengusung capres-cawapres. Golkar cukup berkoalisi dengan satu partai menengah, sudah bisa mengusung capres-cawapres," kata Siti Zuhro, Senin (23/5/2022).



Terkait elektabilitas, Siti Zuhro mengungkapkan, sejauh ini mesin Partai Golkar belum dihidupkan secara total karena pendaftaran capres-cawapres baru akan dilakukan September 2023.

Menurutnya, ketika mesin partai sudah dihidupkan dan dimaksimalkan, tak tertutup kemungkinan tingkat preferensi dan kesukaan serta dukungan terhadap Airlangga yang merupakan Menko Perekonomian ini, akan meningkat.

"Artinya, mesin Partai Golkar dan koalisinya harus mensosialisasikan secara intensif dan substantif paslon AH. Apa yang ingin dilakukan bila jadi presiden. Sejauh mana janji itu bisa dikonkretkan," jelas Siti.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (10.177#12.26)