Jakarta E-Prix 2022, Upaya Pemanfaatan Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan

Jum'at, 20 Mei 2022 - 06:23 WIB
loading...
Jakarta E-Prix 2022, Upaya Pemanfaatan Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan
Indonesia boleh berbangga dengan rampungnya sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, yang akan digunakan untuk ajang balap mobil listrik FIA Formula E. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia boleh berbangga dengan rampungnya sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, yang akan digunakan untuk ajang balap mobil listrik FIA Formula E Jakarta E-Prix pada 4 Juni 2022.

Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Tak hanya sekadar balapan, perhelatan ajang ini menjadi cara kampanye ampuh, untuk mengkampanyekan tentang penggunaan energi yang ramah lingkungan .

Balap mobil bertenagakan listrik tersebut, cukup memberikan dampak yang luar biasa, agar tenaga dengan menggunakan minyak bumi bisa perlahan dikurangi dan dialihkan dalam bentuk tenaga listrik.

Jakarta E-Prix 2022 yang akan digelar di Sirkuit dengan panjang 2,4 kilometer ini, mendapat dukungan penuh PT PLN, yang siap memasok listrik hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara, dan suara.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, penyelenggaraan balap mobil listrik ini diharapkan dapat mendukung program Jakarta Langit Biru yang diusung oleh pemerintah daerah (pemda).

Pelaksanaan Jakarta E-Prix 2022 sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Menjadi Transportasi Jalan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, dari daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut sebesar 7 MVA. Daya itu nantinya akan dipenuhi PLN dari energi bersih yang terjamin dalam produk renewable energy certificate (REC).

Dijelaskan Doddy, total investasi ini untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp7 miliar. Energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

Dengan begitu, penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, telah disiapkan saluran kabel tegangan menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang 6,8 kilo meter square (KMS). Pembangunan gardu yang sudah mencapai 80% dan direncanakan selesai 100% pada 25 Mei 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)