Hadir di Acara KPK, Partai Perindo Tegaskan Korupsi Kejahatan Kemanusiaan

Rabu, 18 Mei 2022 - 15:22 WIB
loading...
Hadir di Acara KPK, Partai Perindo Tegaskan Korupsi Kejahatan Kemanusiaan
Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo didampingi Sekjen, Ahmad Rofiq, beserta jajaran hadir dalam acara yang diinisiasi KPK, Rabu (18/5/2022). Foto/Arie Dwi Satrio/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen), Ahmad Rofiq, beserta jajaran hadir dalam acara program Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022 yang diinisiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Bantuan Perindo untuk Masyarakat Terus Berlanjut

Dalam kesempatan itu, Rofiq menyatakan, kehadiran Partai Perindo dalam acara KPK sebagai bentuk penegasan perlawanan segala bentuk tindak pidana korupsi. Sebab, ditegaskan Rofiq, korupsi adalah salah satu bentuk kejahatan kemanusiaan.



"Memberi penegasan, bahwa korupsi itu adalah kejahatan yang paling besar, kejahatan kemanusiaan, dan itu harus kita lawan, dan parpol itu kan menjadi bagian dari pintu utama dalam soal pengaplikasian anti-korupsi ini," kata Rofiq di Gedung Juang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022).

Menurut Rofiq, partai politik mempunyai peran yang sangat besar dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Khususnya, di sektor politik. Sebab, partai politik merupakan pintu atau alat dalam membentuk sekaligus melahirkan pemimpin.

"Karena partai ini kan melahirkan dewan, melahirkan bupati, gubernur, bahkan presiden. Nah kalau partainya ini tidak ada transparansi, tidak melawan korupsi ini tentu akan berbahaya," ujarnya.

Rofiq menegaskan, Partai Perindo mendukung penuh kegiatan Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022 KPK. Rofiq berjanji bakal mengimplementasikan hasil kegiatan dengan KPK hari ini, kepada kader Partai Perindo. Partai Perindo berkomitmen akan hal itu.

"Satu hal yang pasti bahwa Perindo akan mendukung penuh terhadap kebijakan ini program ini dan kita juga sudah sangat transparan dalam menjalankan semua proses ini misalkan kita juga melakukan rekrutmen caleg secara terbuka kita juga anti mahar dan segala macam, semua kita tunjukkan untuk demokrasi menjadi lebih baik," bebernya.

Sekadar informasi, KPK menggelar program Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022. PCB terpadu 2022 diawali dengan Executive Briefing kepada 20 pimpinan dan pengurus partai politik (parpol). Kegiatan berlangsung di Gedung Juang Merah Putih KPK, Rabu (18/5/2022).

Adapun, 20 parpol yang diundang tersebut adalah parpol peserta pemilu 2019 yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo). KPK berharap kepada program ini dapat mendorong komitmen integritas antar parpol untuk menciptakan pemilu 2024 yang bersih.

"KPK berharap melalui program ini dapat mendorong komitmen integritas dan meningkatkan kesadaran budaya antikorupsi bagi para pengurus parpol, serta dalam penyelenggaraan pemilihan umum. KPK juga mengajak internal parpol untuk melaksanakan rencana aksi dalam melakukan pembelajaran antikorupsi," kata Plt Juru Bicara bidang pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding melalui keterangan resminya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)