Prabowo Dianggap Sosok Strategis di Tengah Dinamika Politik Dunia

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:03 WIB
loading...
Prabowo Dianggap Sosok Strategis di Tengah Dinamika Politik Dunia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Kunjungan ini bukan kunjungan biasa lantaran mencerminkan peran strategis Prabowo dalam kancah politik luar negeri di tengah dinamika politik dunia.

Pengamat Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja berpendapat bahwa kedatangan Lawrence menemui Prabowo mencerminkan peranan Prabowo yang dianggap berpengaruh bagi posisi politik luar negeri Indonesia di tengah situasi dunia saat ini, utamanya perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Dinna menambahkan, posisi Prabowo dalam hal ini tidak dilihat hanya sebatas seorang Menhan.

“Dalam hal ini Prabowo tidak dilihat melulu karena jabatannya sebagai Menhan, tetapi juga peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia dalam situasi kawasan yang didesak untuk berpihak dalam isu Ukraina-Rusia, AS-China, dan dampaknya pada kerja sama pemulihan ekonomi pasca pandemi," kata Dinna kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).





Pendiri lembaga Synergy Policies ini menjelaskan bahwa Lawrence pun bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu Singapura. Lawrence merupakan calon pengganti Lee Hsien Loong sebagai Perdana Menteri Singapura setelah terpilih sebagai pemimpin Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di Singapura pada Kamis 14 April 2022.

"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dlm kapasitasnya sebagai Menkeu, tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," tuturnya.

Lebih lanjut Dinna mengungkapkan dalam perspektif negara Singapura, urusan pertahanan kemanan dan ekonomi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dia melanjutkan, Singapura adalah negara yang dengan aktif selalu ingin selangkah di depan negara-negara lain dalam mencari tahu posisi politik luar negeri Indonesia, baik urusan pertahanan keamanan maupun ekonomi.

"Kedua bidang ini dalam perspektif Singapura tidak bisa dipisahkan (alias saling berkelindan)," lanjutnya.

Diketahui, dalam pertemuan antara Prabowo dan Lawrence keduanya membahas hubungan bilateral antara kedua negara di bidang pertahanan. “Indonesia memandang Singapura sebagai negara sahabat dan mitra strategis yang penting, salah satu negara tetangga terdekat yang memiliki arti penting bagi kepentingan nasional maupun kepentingan regional Indonesia,” ujar Prabowo.

Sementara, Lawrence pun menyampaikan apresiasi dan rasa bahagianya terhadap hubungan kerja sama antara Indonesia dan Singapura. “Senang bahwa kami telah mempertahankan hubungan tingkat tinggi selama bertahun-tahun dan selama pandemi,” ujarnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)