Hari Raya Waisak 2566, Menag Yaqut: Mari Perkuat Moderasi Beragama

Senin, 16 Mei 2022 - 08:09 WIB
loading...
Hari Raya Waisak 2566, Menag Yaqut: Mari Perkuat Moderasi Beragama
Menag Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Buddha Indonesia yang jatuh pada hari Senin (16/5/2022). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Buddha Indonesia yang jatuh pada hari Senin (16/5/2022).

Baca juga: Libur Panjang Waisak, Jalur Wisata Guci Tegal Macet Total

Menag pun mengajak agar umat Buddha terus memperkuat moderasi beragama dan merekatkan tali persaudaraan antar sesama sebagaimana diajarkan dalam kitab suci dhammapada, syair 194.



"Bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran ajaran benar merupakan sebab kebahagiaan. Persatuan merupakan sebab kebahagiaan dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan," kata Menag dalam video yang diunggah akun YouTube Kemenag RI, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, Tri suci waisak senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya pangeran Siddharta, pangeran Siddharta mencapai penerangan agung dan menjadi Buddha serta Buddha Gautama parinibbana.

Kedua, Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang majjhima Patipada dan ketiga Ajaran tentang pentingnya praktik kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat.

"Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian,"ujar dia.

Dengan demikian, seluruh umat Buddha Indonesia, ujar Yaqut tentu mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera. Menurutnya itu dapat dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

"Saya Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Republik Indonesia mengucapkan selamat memperingati hari Tri Suci Waisak 2566 tahun Buddhis kepada seluruh umat Buddha Indonesia," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)