Terjadi Sirkulasi Siklonik, Berikut Prakiraan Cuaca di Indonesia

Sabtu, 14 Mei 2022 - 02:19 WIB
loading...
Terjadi Sirkulasi Siklonik, Berikut Prakiraan Cuaca di Indonesia
Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda dan daerah konvergensi yang terpantau memanjang di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Laut Filipina, Samudera Pasifik di bagian utara Papua Barat, Laut Arafuru, sampai Papua. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengatakan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda dan daerah konvergensi yang terpantau memanjang di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Laut Filipina, Samudera Pasifik di bagian utara Papua Barat, Laut Arafuru, sampai Papua. Kondisi tersebut dapat memengaruhi meningkatnya potensi awan hujan dan cuaca pada Sabtu 14 Mei 2022.

“Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda, daerah konvergensi terpantau memanjang di Bengkulu dari Jateng hingga Jabar, dari Kalteng hingga utara Kaltara, Sulawesi bagian tengah. Laut Sulawesi, Laut Filipina, dari Papua Barat hingga Samudera Pasifik utara Papua Barat, dan dari Laut Arafuru hingga Papua,” kata Prakirawan BMKG Hasmororini Sulistami.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. Bagaimana kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada Sabtu 14 Mei 2022,” sambungnya.

BMKG pun memberikan ramalan cuaca di 34 kota besar di Indonesia yang berpotensi berawan hingga hujan sedang pada Sabtu 14 Mei 2022. Untuk wilayah Sumatera, Medan berpotensi hujan sedang.

Banda Aceh, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang hujan ringan. Kemudian, Pangkal Pinang, Bengkulu, Padang, dan Bandar Lampung berawan, dan Jambi serta Palembang diprakirakan berkabut.

Kemudian di Pulau Jawa, dia meminta masyarakat perlu waspada adanya potensi hujan dengan intensitas lebat yang diprakirakan terjadi di wilayah Bandung dan hujan dengan intensitas ringan yang diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta dan Semarang. Sedangkan Serang, Yogjakarta, dan Surabaya diprakirakan berawan.

Adapun Kalimantan, kata dia, secara umum wilayah Kalimantan diprakirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Kecuali wilayah Pontianak hari ini diprakirakan berawan.

Untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara, kata dia, secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Denpasar, Kupang, dan Mataram diprakirakan berawan. Di Pulau Sulawesi potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi wilayah Manado, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Palu, Mamuju, dan Gorontalo.

Sedangkan wilayah Makassar dan Kendari pada hari ini diprakirakan berawan. Dan wilayah timur Indonesia, dia menambahkan, potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Ambon, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Ternate dan Manokwari. Sementara Jayapura diprakirakan berawan.

“Kami imbau kepada sobat BMKG untuk selalu update informasi cuaca melalui laman www.bmkg.go.id atau sobat juga dapat mengunduh aplikasi info BMKG baik di AppStore dan Playstore,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)