Hari Bidan Sedunia, Puan: Terima Kasih Atas Dedikasinya untuk Kehidupan Berkelanjutan

Kamis, 05 Mei 2022 - 14:23 WIB
loading...
Hari Bidan Sedunia, Puan: Terima Kasih Atas Dedikasinya untuk Kehidupan Berkelanjutan
Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih atas dedikasi para bidan yang telah membantu memperkuat sistem kesehatan di Indonesia, khususnya bagi para ibu dan bayi. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih atas dedikasi para bidan yang telah membantu memperkuat sistem kesehatan di Indonesia, khususnya bagi para ibu dan bayi.

Hal ini disampaikan Puan dalam memperingati Hari Bidan Internasional yang jatuh setiap 5 Mei. Baca juga: Selalu Dinanti Puan, Ini Resep Rendang Ayam yang Dibuat Megawati Tiap Lebaran

"Terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan, untuk kehidupan yang berkelanjutan. Karena berkat dedikasi dan jasa para bidan lah, para ibu berhasil melahirkan bayinya dengan selamat, dan bayi yang dilahirkab juga bisa tumbuh sehat," ujar Puan, Kamis (5/5/2022).

Meski demikian, Puan mengingatkan bahwa tenaga kesehatan di Indonesia termasuk para bidan masih memiliki pekerjaan rumah besar. Sebab, angka kematian ibu melahirkan dan bayi yang baru lahir masih cukup tinggi.

Berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015, dua perempuan di Indonesia meninggal setiap jam akibat komplikasi selama kehamilan, melahirkan, dan nifas.

Angka kematian ibu yang masih tertinggi di Asia Tenggara itu berdampak pada kesejahteraan, kesehatan, dan kualitas hidup perempuan, keluarga, dan bangsa. Oleh karenanya, lanjut Puan, bidan memiliki peran penting dalam mengatasi persoalan ini.

"Untuk itu, kita semuanya sudah sepatutnya memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan profesionalisne dab kompetensi bagi para bidan,” ucap Puan.

Ketua DPP PDIP ini menilai profesi bidan harus dididik dan dilatih dengan baik, dan diregulasi dengan layak. Menurut Puan, profesi bidan butuh lingkungan untuk bekerja secara efektif, termasuk bekerja sebagai bagian dari tim yang suportif, serta dengan sumber daya yang layak. Baca juga: Megawati-Puan Silaturahmi Lebaran dengan Presiden Jokowi lewat Video Call

"Karena itu, penting bahwa investasi untuk bidan harus fokus tidak hanya pada jumlah, tapi juga pada pendidikan, pelatihan yang berkelanjutan, regulasi, juga lingkungan kerja,” tegas mantan Menko PMK ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)