Erick Thohir Capres Non-Parpol Paling Unggul

Jum'at, 29 April 2022 - 19:38 WIB
loading...
Erick Thohir Capres Non-Parpol Paling Unggul
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Thohir keluar sebagai salah satu capres yang memiliki elektabilitas tinggi dari jalur non-parpol. Hal ini terbukti berdasarkan hasil survei yang dirilis lembaga Indikator Politik Indonesia.

Bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, elektabilitas Erick Thohir belum mampu ditandingi dalam jalur non-parpol.
Baca juga: Relawan Jokowi Percaya Erick Thohir Berintegritas

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, kehadiran Erick Thohir yang masuk enam besar capres dengan elektabilitas tertinggi sangat mengundang perhatian.

Lantaran Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini adalah sosok yang baru di dunia pemerintahan, berasal dari kalangan profesional dan dari jalur non-parpol.

"Menariknya, nama-nama yang muncul ini (dengan elektabilitas tertinggi) adalah nama orang partai. Nama-nama non-partai yang muncul yakni Ridwan Kamil dan Erick Thohir," ujar Burhan.

Menurut dia, Erick Thohir menjadi pengecualian karena merupakan salah satu calon yang murni dari non-parpol. Sedangkan Ridwan Kamil tentunya lebih diuntungkan, karena telah terlebih dahulu terjun ke dunia politik, dan juga memiliki rekam jejak maju sebagai gubernur dengan kendaraan parpol.

"Nama Ridwan Kamil wajar karena dia kepala daerah provinsi besar. Sementara Erick Thohir dengan posisi menteri memiliki elektabilitas tinggi dari kalangan non-partai," katanya.

Dalam hasil survei tersebut, terpotret beberapa nama besar seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26,7%), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (23,9%), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (19,4%), Ridwan Kamil (3,5%), dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY (3,2%). Sedangkan Menparekraf Sandi Uno dan Erick Thohir memiliki perolehan suara yang sama, yakni 2,4%, dan berada di peringkat enam besar.
Baca juga: Erick Thohir Guyur Pesantren dengan SPBU Mini

Bahkan, Erick Thohir berhasil mengungguli sejumlah nama besar lainnya, seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Selain itu, Anggota Kehormatan Banser ini diyakini tengah mengalami tren kenaikan elektabilitas yang sangat signifikan di mana tren elektabilitas Erick Thohir naik 100%, jika dibandingkan hasil survei Indikator Politik Indonesia sebelumnya, awal Februari 2022. Pada survei tersebut, elektabilitas Erick Thohir berada di kisaran 1,3%, dan kini angka elektabilitas telah menyentuh 2,4%.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)