Bibit Siklon Tropis 98S Menguat, Waspada Hujan Sedang-Lebat di Seluruh Pulau Jawa

Jum'at, 29 April 2022 - 09:58 WIB
loading...
Bibit Siklon Tropis 98S Menguat, Waspada Hujan Sedang-Lebat di Seluruh Pulau Jawa
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Bibit Siklon Tropis 98S yang terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah diperkirakan menguat dalam 24 jam ke depan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Bibit Siklon Tropis 98S yang terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah diperkirakan menguat dan berpotensi tumbuh menjadi Siklon Tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori tinggi.

“Analisis Bibit Siklon Tropis 98S terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, tepatnya di 13.1°LS, 108.3°BT, bertekanan 1002mb dengan kecepatan angin maksimum 30 knot. Bergerak perlahan ke arah timur,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Jumat (29/4/2022).

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan potensi hujan sedang hingga lebat dalam 24 Jam kedepan akan mengguyur seluruh wilayah Pulau Jawa. Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat tersebut di antaranya pesisir barat Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan potensi gelombang laut tinggi 1.25-2.5 m di Laut Sawu, Perairan Kupang-Pulau Rote, dan Samudra Hindia selatan NTT.

Kemudian gelombang laut tinggi 2.5-4.0 m di Perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kep. Mentawai, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banten-Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Bali-NTB. Baca juga: Status Gunung Anak Krakatau Masih Fluktuatif, BNPB Imbau Tetap Waspada, Jangan Panik

Kemudian, gelombang laut tinggi 4.0-6.0 m di Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa Timur.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)