24 Pati TNI AD Naik Pangkat, Jenderal Kopassus Ini Sandang Bintang 3

Rabu, 27 April 2022 - 19:40 WIB
loading...
24 Pati TNI AD Naik Pangkat, Jenderal Kopassus Ini Sandang Bintang 3
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima korps kenaikan pangkat 24 Pati TNI AD di Mabesad, Rabu (27/4/2022). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 24 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD resmi naik pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Hal itu terungkap dalam Laporan Korps Kenaikan Pangkat yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Mabesad, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

Satu di antara puluhan Pati yang naik pangkat itu adalah Rudianto yang berhasil menyandang pangkat bintang 3 atau Letjen TNI. Saat ini, Rudianto menduduki jabatan sebagai Irjenad.

Jenderal Dudung pun mengucapkan selamat kepada seluruh Pati yang pada hari ini berhasil naik pangkat. "Saya mengucapkan selamat kepada Letjen TNI Rudianto beserta 23 Perwira Tinggi TNI AD lainnya, atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula,” kata Dudung.



Dalam laporan kali ini, terdapat 5 orang naik pangkat dari bintang 1 Brigjen TNI menjadi bintang 2 atau Mayjen TNI. Serta, 19 Pati yang berhasil pecah bintang dari Kolonel menjadi Brigjen TNI.

Sekadar informasi, sebelum menjabat sebagai Irjenad, Rudianto menduduki jabatan sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Posisinya kini digantikan oleh Mayjen TNI Widi Prasetijono yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus.



Rudianto merupakan abituren (lulusan) sekaligus Ketua alumni Taruna Akademi Militer 1989. Jenderal kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini berpengalaman di bidang infanteri Kopassus. Berbagai penugasan telah dijalaninya, baik di satuan militer maupun di organisasi luar TNI. Mula-mula Rudianto ditugasi sebagai perwira pertama di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) TNI AD selepas dari Lembah Tidar.

Setelah itu dia banyak berkecimpung di Korps Baret Merah, mulai dari komandan unit, komandan tim, hingga komandan batalyon. Saat berpangkat letnan kolonel, Rudianto antara lain menjabat sebagai Waasops Danjen Kopassus. Kariernya lantas naik menjadi Dangrup 1/Kopassus dan membawanya berpangkat kolonel.

Rudianto juga pernah dipercaya memimpin teritorial dengan menjabat Danrem 051/Wijayakarta pada 2014. Korem 051 membawahi Kodim Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Depok.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3795 seconds (0.1#10.140)