85 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran, Perindo Tekankan Pentingnya Pengawasan Prokes

Selasa, 26 April 2022 - 21:44 WIB
loading...
85 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran, Perindo Tekankan Pentingnya Pengawasan Prokes
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Website dan Media Management Sururi Al Faruq. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 . Pemerintah juga memperkirakan 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Perindo Bidang Website dan Media Management Sururi Al Faruq menilai perlunya pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan selama masa mudik Lebaran 2022. “Hal ini karena perpindahan masyarakat yang besar tersebut dikhawatirkan mencederai usaha kita selama ini untuk menekan laju positif Covid-19," katanya dalam Podcast Aksi Nyata bertemakan Sakralnya Tradisi Mudik, Selasa (26/4/2022).

Dia berharap mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. "Maka pemerintah perlu memberikan kanalisasi untuk pemudik, sehingga nantinya akan mudah dikontrol. Untuk itu, titik kanalisasi harus dilakukan sedari Jakarta sebagai patokan start keberangkatan mudik," katanya.





Dia mengatakan kanalisasi di Jakarta ini dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah dengan RT dan RW setempat. "Bagi yang mudik harus menyerahkan registrasi keterangan sudah booster atau hasil tes Covid-19 negatif di RT atau RW sebelum keberangkatan mudik. Karena jika tidak dilakukan dari awal, nanti akan membuat penumpukan, terlebih bila dilakukan pengecekan di rest area sepanjang perjalanan mudik," ungkapnya.

Menurutnya, keputusan pemerintah mengizinkan mudik Lebaran 2022 sudah melalui pertimbangan faktual yang sudah ada. "Jika melihat tingkat positif kasus Covid-19 sudah mulai menurun, vaksin booster sudah mulai merata, maka menjadi wajar jika diizinkan untuk mudik kali ini. Bahkan di perumahan saya, pemakaian masker sudah tidak wajib lagi," imbuhnya.

Sururi Al Faruq menyampaikan hal tersebut dalam diskusi Podcast Aksi Nyata yang ditayangkan secara langsung melalui sejumlah kanal yakni via Instagram Partai Perindo, RCTI+, Okezone, Sindonews.com, iNews.id, YouTube, Facebook, Twitter dan Website Partai Perindo. Faruq menjadi narasumber diskusi yang bertemakan Sakralnya Tradisi Mudik yang ditayangkan pada pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB secara streaming.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)