Wapres Resmikan Fasilitas Riset Pangan BRIN Besok

Kamis, 21 April 2022 - 16:38 WIB
loading...
Wapres Resmikan Fasilitas Riset Pangan BRIN Besok
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin akan meresmikan fasilitas riset pangan sebagai Laboratorium Rujukan Riset Halal Indonesia pada Jumat 22 April 2022. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan meresmikan fasilitas riset pangan sebagai Laboratorium Rujukan Riset Halal Indonesia pada Jumat 22 April 2022. Fasilitas riset pangan di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan (PRTPP) ini berlokasi di Playen, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Laboratorium ini akan mendukung pengembangan produk halal yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024. Mengingat, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar sebagai pasar ekonomi syariah dan produsen produk halal di dunia.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) Laksana Tri Handoko mengungkapkan BRIN memiliki tiga fasilitas untuk riset deteksi produk halal. Salah satunya adalah fasilitas riset pangan di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan (PRTPP) yang berlokasi di Playen, Gunung Kidul.





Dia mengatakan, BRIN telah mengembangkan infrastruktur riset untuk mendukung riset dan inovasi produk halal. Hingga saat ini, BRIN telah menyediakan tiga laboratorium yang dilengkapi dengan instrumen penelitian canggih guna mendukung riset pangan halal di Indonesia.

“Ketiga laboratorium tersebut berada di Cibinong, Serpong, serta Playen-Gunungkidul,” katanya dikutip dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, kata dia, BRIN juga terus memperkuat kapasitas SDM periset di Tanah Air. Kolaborasi antara periset di BRIN dengan berbagai pemangku kepentingan ekonomi syariah menjadi keniscayaan.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini ia mencanangkan kolaborasi riset dan inovasi produk halal Indonesia. “Kolaborasi ini melibatkan BRIN, BPJKPH, KNEKS, BPOM, perguruan tinggi dalam hal ini Pusat Kajian Sains Halal IPB dan Institute for Halal Industry and System (IHIS) UGM, serta pihak-pihak lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito mengatakan, pengembangan infrastruktur yang memadai ini melengkapi kegiatan BRIN bersama berbagai stakeholder yang terus memperkuat kapasitas SDM periset. “BRIN mendukung inisiasi pembentukan konsorsium riset dan inovasi produk halal Indonesia sebagai bentuk komitmen berbagai pihak dalam mewujudkan riset dan inovasi produk halal menuju Indonesia sebagai pusat halal dunia tahun 2024,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)