Seru-seruan Ganjar dan Penyandang Disabilitas Bikin Batik Ciprat di Sambung Roso.

Sabtu, 16 April 2022 - 15:14 WIB
loading...
Seru-seruan Ganjar dan Penyandang Disabilitas Bikin Batik Ciprat di Sambung Roso.
Ganjar saat sedang melakukan kunjungan kerja ke Jatim, Sabtu (16/4/2022), didampingi istri, Siti Atikoh, menyempatkan mampir ke Batik Ciprat Langitan Sambung Roso di desa Simbatan, Magetan.
A A A
MAGETAN - Desa Simbatan Kabupaten Magetan Jawa Timur dulunya sering dikucilkan. Sebab di desa itu, banyak penduduknya adalah penyandang disabilitas.

Namun kini Desa Simbatan jadi terkenal. Di desa itu, ada produk UMKM unggulan bernama Batik Ciprat Langitan. Dan ternyata, pembuat produk yang sudah terkenal sampai tingkat ASEAN ini adalah para penyandang disabilitas.

Kisah itulah yang menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Saat sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Sabtu (16/4/2022), Ganjar yang didampingi istri, Siti Atikoh, menyempatkan waktu untuk mampir ke Batik Ciprat Langitan 'Sambung Roso' di desa Simbatan itu.

Saat Ganjar tiba, ia langsung disambut dengan aksi para penyandang disabilitas yang sedang memproduksi batik. Ada yang membuat batik dengan metode gepyok, ciprat, lurikan hingga jumputan. Didampingi Bupati Magetan, Ganjar berkeliling melihat proses produksi batik di tempat itu.

"Kamu lagi apa? Wah pinter banget ya buat motif seperti ini. Itu memang dipukul-pukul seperti itu ya, tapi jadinya bagus lho. Belajar berapa lama," tanya Ganjar pada para difabel yang sedang membuat batik itu.

Salah satu penyandang disabilitas di tempat itu mengatakan sudah tiga tahun bekerja di tempat itu. Ia mengatakan diajari oleh pengelola dan terus belajar. "Sudah dari tiga tahun lalu pak, bisa karena diajari. Bapak kalau mau coba boleh pak. Monggo," katanya.

Ganjar pun mengambil sapu lidi kecil yang digunakan untuk membuat pola. Sapu itu kemudian ia celupkan ke malam panas dan dipukul ke kain putih hingga membuat pola. "Wah mudah ya ternyata. Tapi hasilnya bagus lho," ucapnya.

Ganjar kemudian berkeliling melihat proses pembuatan batik karya para penyandang disabilitas itu. Beberapa kali, ia ngobrol dengan para penyandang disabilitas dan para pengelola terkait proses pembatikan. Ada sekitar 20 penyandang disabilitas yang ada di tempat itu.

"Kita belajar dari Temanggung Jawa Tengah lho pak. Ini hasil didikan bapak juga kami bisa seperti ini," kata Ketua Batik Ciprat Langitan, Maryani.

Ganjar begitu senang mendengar kabar itu. Menurutnya, kerja sama yang baik antar daerah memang harus ditingkatkan. "Iya, saya lagi ke tempat pembuatan batik bersama teman-teman difabel di Magetan. Dan hasilnya bagus sekali. Ternyata mereka belajar ke Temanggung, dan sekarang hasilnya luar biasa," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)