Survei SMRC: Duet Anies-AHY Paling Punya Peluang Menang di Pilpres 2024

Kamis, 07 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
Survei SMRC: Duet Anies-AHY Paling Punya Peluang Menang di Pilpres 2024
Duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpotensi menjadi pemenang dalam Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpotensi menjadi pemenang dalam Pilpres 2024. Hal ini terlihat dalam hasil survei yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Maret 2022 ini.

Direktur Ekskeutif SMRC, Sirojudin Abbas memprediksi pemilihan presiden mendatang maksimal hanya diikuti oleh tiga pasangan mengingat ada presidential threshold yang cukup tinggi, yakni sebesar 20%. Dari prediksi ini, lembaganya mencoba membuat tiga poros, yaitu poros PDIP-Gerindra, Golkar-PAN-PPP, dan poros Nasdem-Demokrat-PKS.

"Pada poros Gerindra-PDIP, karena Prabowo harus nomor 1, dan Puan Maharani memiliki elektabilitas yang terlalu di bawah, maka Puan mungkin akan menerima menjadi nomor 2," kata Abbas saat menjelaskan simulasi hasil surveinya secara daring, Kamis (7/4/2022).



Sementara itu, lanjut dia, karena elektabilitas Airlangga masih terlalu lemah, maka kemungkinan akan mencari calon yang paling kompetitif. Menurut Abbas, Ganjar Pranowo adalah alternatifnya. Terbuka juga kemungkinan Airlangga menjadi nomor 1 dan Ganjar nomor 2.

Sedangkan, poros Nasdem-Demokrat-PKS dapat mencalonkan Anies Baswedan karena elektabilitasnya cukup baik, sementara Nasdem dan PKS tidak punya kader yang kompetitif. Abbas memprediksi AHY bisa diterima sebagai pendamping Anies karena cukup kompetitif dibanding nama-nama tokoh partai yang lain.



Dari simulasi poros ini, SMRC pun mencoba mengukur elektabilitas dari simulasi pilihan pada tiga pasangan. “Hasilnya, pasangan Anies-AHY mendapatkan 29,8% suara. Ganjar-Airlangga 28,5%. Prabowo-Puan 27,5%. Masih ada 14,3% yang belum menentukan pilihan,” ujarnya.

Abbas menambahkan, Jika Airlangga menjadi capres dan berpasangan dengan Ganjar Pranowo sebagai cawapresnya, dalam simulasi pilihan terhadap 3 pasangan (Airlangga-Ganjar vs Anies-AHY vs Prabowo-Puan), pasangan Anies-AHY mengalami penguatan dukungan menjadi 32,3% disusul Prabowo-Puan 29%.

"Sementara suara Airlangga-Ganjar ada di bawah keduanya secara signifikan, 22,6%. Masih ada 16,1% yang belum menentukan pilihan," tutur dia melanjutkan.

Survei ini dilakukan pada 13-20 Maret 2022 dengan melibatkan sebanyak 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling terhadap keseluruhan populasi atau warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1027 atau 84%.

Sebanyak 1027 responden ini yang dianalisis. Adapun, margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)