Kemensos Bakal Tindak Manusia Gerobak Gadungan yang Menjamur Saat Ramadhan

Rabu, 06 April 2022 - 07:55 WIB
loading...
Kemensos Bakal Tindak Manusia Gerobak Gadungan yang Menjamur Saat Ramadhan
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menyatakan pihaknya akan meninak manusia gerobak gadungan yang menjamur saat Ramadhan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menyatakan pihaknya akan memberdayakan para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Terutama bagi manusia gerobak yang mulai menjamur saat Ramadhan atau jelang Idul Fitri.

Harry mengatakan Kemensos akan melakukan asesmen terlebih dahulu. Hal ini guna mengetahui identitas PPKS yang asli atau hanya sekadar manusia gerobak gadungan.

"Jadi kalau nanti seperti tren jelang Lebaran ada PPKS katakanlah quotes and quote yang gadungan nanti kita laporkan. Nanti kami akan lakukan penjangkauan, asesmen, kemudian kita pastikan bagaimana intervensi layanannya," ujar Harry kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Jika ditemukan ada manusia gerobak gadungan, lanjut Harry, maka pihaknya akan langsung memulangkan mereka ke daerah asal. "Kalau ternyata mereka bukan orang yang membutuhkan, kita dorong mereka dikembalikan ke tempat asal," jelas Harry.

Namun jika mereka memang PPKS, maka Kemensos akan melakukan pemberdayaan secara menyeluruh. Mulai dari anak hingga orang tuanya dan akan diberdayakan di balai-balai milik Kemensos.

"Tapi kalau mereka manusia gerobak yang memang riil, kita upayakan berikan dukungan. Bahkan yang mereka butuh tempat tinggal, kita ajak tinggal di balai, secara dinamis, anaknya bisa di sekolahkan di situ," tuturnya.

"Jadi pola strateginya komprehensif, Ibu (Mensos Risma) selalu mengingatkan cek anaknya cek istrinya dan ini penting di kementerian karena biasanya parsial, ini tidak boleh lagi harus bersinergi antar direktorat. Praktik di lapangan sudah sangat berbeda respons kasus kita," kata dia.

Termasuk penyediaan rusun bagi PPKS misalnya seperti rusun di Pangudi Luhur Bekasi dan Bambu Apus, Jakarta Timur. Dua rusun tersebut diperkirakan sudah 95% rampung.

"Itu untuk PPKS seperti pengemis, itu di wisma dapat makan gratis, punya usaha terus diterima di rusun. Mereka harus mulai mandiri bayar cuma 15 ribu, mulai pake uang sendiri dan disiapkan keluar rusun untuk hidup wajar di komunitas yang mereka pilih," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)