Mutasi Pati TNI, 28 Kolonel dari 3 Matra Pecah Bintang

Minggu, 03 April 2022 - 05:15 WIB
loading...
Mutasi Pati TNI, 28 Kolonel dari 3 Matra Pecah Bintang
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Daftar perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) bakal semakin panjang. Dalam kebijakan mutasi jabatan terbaru, 28 perwira menengah berpangkat kolonel mendapat tugas baru yang merupakan promosi bintang satu alias brigadir jenderal (Brigjen) TNI bagi mereka.

Sebanyak 28 kolonel yang akan pecah bintang itu berasal dari tiga matra TNI, yakni Darat, Laut, dan Udara. Mereka dipromosikan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Surat Keputusan Nomor Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

SK tertanggal 25 Maret 2022 tersebut diteken langsung Jenderal Andika. Secara keseluruhan terdapat 113 pati yang masuk daftar mutasi teranyar ini, termasuk jabatan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Mereka yang promosi bintang tersebut antara lain Kolonel Inf Kolonel Inf Imam Firdaus Budhiarto. Kasubditbinperslog Sdirum Pusterad ini dipromosikan sebagai Kapoksahli Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.



“Kolonel Inf Imam Firdaus Budhiarto, jabatan baru Kapoksahli Pangkostrad. Brigjen TNI Muhammad Reza Utama dari Kapoksahli Pangkostrad dalam jabatan baru sebagai Staf Khusus KSAD,” bunyi salinan SK tersebut seperti dikutip, Minggu (3/4/2022).

Di Matra Laut, mutasi jabatan ini juga menuliskan catatan tersendiri. Panglima Andika mempromosikan kolonel Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut) menjadi jenderal bintang satu alias Laksamana Pertama atau disingkat Laksma TNI.

Sosok tersebut yakni Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati. Danlanal Malang ini dipercaya mengemban jabatan baru sebagai Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut atau Seklem AAL. Prabhawati menggantikan Laksma TNI Syamsul Rizal yang kini ditunjuk sebagai Wairjenal.

Selain perwira pecah bintang, mutasi teranyar ini juga mencantumkan nama 34 jenderal yang memasuki masa purna tugas alias pensiun. Dari 34 perwira tinggi yang meninggalkan gelanggang TNI, dua di antaranya jenderal bintang tiga atau letjen. Keduanya yakni Letjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi dan Marsdya TNI Wieko Sofyan.

Berikut 28 kolonel promosi Brigjen TNI:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)