Kepala Desa Bakal Deklarasi Jokowi 3 Periode, Demokrat: Terorisme Konstitusi

Jum'at, 01 April 2022 - 08:56 WIB
loading...
Kepala Desa Bakal Deklarasi Jokowi 3 Periode, Demokrat: Terorisme Konstitusi
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rencana deklarasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) 3 periode oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( Apdesi ) pimpinan Surtawijaya usai Lebaran 2022 dikritik oleh Partai Demokrat. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan upaya tersebut merupakan terorisme konstitusi.

Dia melihat ada dua alternatif skenario untuk merealisasikan rencana tersebut. "Pertama, pemilu tetap per lima tahun tetapi ada penambahan periodesasi presiden menjadi tiga periode. Kedua, penundaan pemilu dan penambahan masa jabatan presiden selama tiga tahun," kata Kamhar melalui keterangan tertulisnya, Jumat (1/4/2022).

Dia menuturkan dua skenario telah mengemuka ke publik sejak beberapa tahun yang lalu. Kemudian, terus bergerilya dengan berbagai macam cara dan pendekatan untuk memastikan terjadinya pelanggengan kekuasaan.

Baca juga: Apdesi yang Suarakan 3 Periode Tak Sah dan Belum Berbadan Hukum



"Gerakan terorisme konstitusi ini terus bergulir karena Jokowi tak bersikap tegas malah terkesan bermain dua kaki dalam merespons manuver-manuver orang dekatnya dengan menjadikan demokrasi yang salah tafsir sebagai argumentasi," ucapnya.

Diketahui, rencana deklarasi Presiden Jokowi 3 periode itu diungkapkan oleh Apdesi kubu Surtawijaya usai acara Silahturrahmi Nasional Desa di Jakarta, Selasa 29 Maret 2022.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1460 seconds (11.252#12.26)