Pemberantasan Prostitusi Online Efektif jika Dilakukan Secara Konsisten

Kamis, 31 Maret 2022 - 21:17 WIB
loading...
Pemberantasan Prostitusi Online Efektif jika Dilakukan Secara Konsisten
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan Advokasi Christophorus Taufik. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Malang memerintahkan jajarannya untuk mengawasi salah satu aplikasi yang diduga sarang prostitusi online. Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Bidang Hukum dan Advokasi Christophorus Taufik menilai, langkah tersebut sebenarnya sudah baik.

"Sebagai satu gerakan moral pasti efektif. Ini kan sebenarnya mau bicara tentang pemberantasan prostitusi. Mereka sudah tau bahwa ini sudah masuk ke ranah aplikasi dan itu diawasi," ujar Christophorus dalam Podcast Aksi Nyata , Kamis (31/3/2022).

Menurut Christophorus, efektivitas pemantauan aplikasi tersebut bisa saja menjadi sia-sia, jika yang ditekankan adalah aplikasinya, bukan manusia-manusia yang ada di balik hal tersebut.

"Efektif tidaknya tergantung seberapa konsisten. Kalau ini konsisten ya efektif. Begitu pun sebaliknya. Makanya saya bilang, bahwa bukan aplikasinya yang salah, tapi saya bilang perilakunya yang ditekankan," jelasnya.



Kendati demikian, Christophorus yakin, dengan adanya perkembangan dalam dunia kejahatan, hal tersebut akan berbanding lurus dengan penegak hukum yang sama-sama mengikuti perkembangan. "Kejahatan itu selalu mengikuti zaman, tapi yang memberantas juga nggak kurang akal kan, mengikuti perkembangan juga," tuturnya.

Lanjutnya, yang perlu ikut bertanggung jawab sebenarnya bukan hanya pemakai. Mestinya, ada tanggung jawab terkait regulasi dari pemilik aplikasi tersebut.

"Yang harus dilakukan itu penyedia jaringan itu ikut bertanggung jawab, jadi bukan harus ditutup, tapi dia itu harus ada di regulasi bahwa dia ikut bertanggung jawab."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)