Presiden Rusia Vladimir Putin Akan Hadiri KTT G20, Luhut: Kita Lihat Nanti

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:10 WIB
loading...
Presiden Rusia Vladimir Putin Akan Hadiri KTT G20, Luhut: Kita Lihat Nanti
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan merespons rencana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 di Bali, November 2022. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merespons rencana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 di Bali, November 2022. Menurut Luhut, saat ini pihaknya hanya menunggu perkembangan.

"Kita lihat, kita tunggu, kita tunggu nanti," kata Luhut di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022).

Luhut menilai masih terlalu dini mengomentari rencana kedatangan Putin sebab KTT G20 baru akan digelar menjelang akhir tahun. Ia menegaskan bahwa KTT G20 adalah forum ekonomi. Tidak ada forum politik dalam konferensi yang rencananya juga dihadiri Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.



Ditanya apakah Indonesia akan tetap mengundang Presiden Putin pada KTT G20, Luhut kembali menjawab diplomatis. "Kita lihat saja. Itu kan saya bilang tadi, ini kan forum ekonomi jadi kita lihat," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Rusia Vladimit Putin berencana datang ke KTT G20. Rencana itu disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

Rencana kedatangan Putin ke Bali memantik reaksi Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin. Kehadiran Putin di acara internasional dinilai Vasyl merupakan suatu penghinaan terhadap demokrasi, martabat manusia, dan supremasi hukum.

Baca juga: Bertemu Dubes Rusia, DPR Berharap Vladimir Putin Hadiri G20 di Bali
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)