Erick Thohir Dampingi Jokowi Syukuran hingga Kemah di IKN

Senin, 14 Maret 2022 - 23:17 WIB
loading...
Erick Thohir Dampingi Jokowi Syukuran hingga Kemah di IKN
Meneg BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi saat syukuran dan berkemah di IKN Nusantara. Foto/IG
A A A
JAKARTA - Sebagai Menteri Terbaik dan Kepercayaan Presiden, Menteri BUMN Erick Thohir kerap mendampingi langsung agenda penting Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti saat Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam prosesi syukuran hingga berkemah di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Namun, sebelum berkemah acara syukuran dan upacara Kendi Nusantara dilakukan sebagai simbol dimulainya pembangunan IKN. “Prosesi penyerahan tanah dan air dari seluruh gubernur kepada Bapak Presiden Jokowi. Penyerahan dilakukan di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara,” ujar Erick Thohir di akun instagram @erickthohir.

Jokowi sendiri sebelumnya mengundang 34 gubernur dari 34 provinsi di Indonesia dan meminta para pemimpin daerah tersebut agar membawa tanah dan air untuk disatukan di dalam sebuah kendi dalam upacara Kendi Nusantara.



Upacara ini menjadi simbol dimulainya pembangunan ibu kota negara baru di mana akan dilakukan bertahap hingga 2045. Dalam prosesi tersebut, para pemimpin daerah membawa dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara.

Erick Thohir membeberkan peserta yang hadir terharu, menyaksikan prosesi sakral tersebut. “Dari Titik Nol, ini Pak Basuki terharu. Pak Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) sedang memberikan tanah dan air kepada Bapak Presiden (Jokowi). Luar biasa,” tambah Erick Thohir.



Sementara itu, tanah dan air yang dibawa oleh para pemimpin di 34 daerah ke IKN dan disatukan di dalam Kendi Nusantara merupakan sebuah simbol persatuan masing-masing provinsi. Sebelumnya, Erick Thohir juga memposting bagaimana dia menemani Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Tak sendiri, Erick Thohir diketahui bersama Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dan juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

“Mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, bersama Pak Pramono Anung, dan Pak Bahlil Lahadalia. Doakan selamat sampai tujuan,” tulis Erick Thohir.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)