Wapres Sebut Keberhasilan Reformasi Birokrasi Terlihat dari Pelayanan Publiknya

Senin, 14 Maret 2022 - 16:59 WIB
loading...
Wapres Sebut Keberhasilan Reformasi Birokrasi Terlihat dari Pelayanan Publiknya
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menegaskan, keberhasilan reformasi birokrasi harus diwujudkan lewat pelayanan publik yang memuaskan masyarakat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin menegaskan, keberhasilan reformasi birokrasi harus diwujudkan lewat pelayanan publik yang memuaskan masyarakat. Wapres juga mengingatkan, bahwa masyarakat memiliki kacamata sendiri untuk mengukur keberhasilan reformasi birokrasi.

Baca Juga: Wapres


Menurut Wapres, bagi masyarakat keberhasilan reformasi birokrasi hanya dilihat dari 2 hal. "Pertama, pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah cepat, mudah, murah dan tidak berbelit. Kedua, bebas korupsi dan tidak ada pungutan lain di luar retribusi/biaya resmi," terang Wapres.

Sejauh ini kata Wapres, pelaksanaan Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) yang saat ini telah memasuki tahun ketiga roadmap periode 2020-2024 atau road map terakhir dari grand design RBN telah banyak mengalami kemajuan.

"Banyak kemajuan yang telah dicapai yang dapat dilihat dari pencapaian indeks-indeks reformasi birokrasi yang digunakan secara internasional untuk mengukur kinerja pemerintahan," ujarnya.

Namun demikian, Wapres menyayangkan, kemajuan reformasi birokrasi ini ternyata belum banyak 'netas' atau belum banyak dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

"Jangan sampai hasil reformasi birokrasi lebih banyak dinikmati oleh internal birokrasi. Dampak dari reformasi birokrasi harus diwujudkan melalui kualitas seluruh pelayanan publik yang memuaskan masyarakat. Kualitas pelayanan publik merupakan bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat," tegasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)