Selalu Dipercaya Jokowi, Pengamat: Kemampuan Diplomasi Erick Thohir Diandalkan

Kamis, 10 Maret 2022 - 21:56 WIB
loading...
Selalu Dipercaya Jokowi, Pengamat: Kemampuan Diplomasi Erick Thohir Diandalkan
Memiliki pengalaman dan kemampuan diplomasi, Menteri BUMN Erick Thohir selalu dipercaya Presiden Jokowi menjalankan tugas strategis. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki pengalaman dan punya rekam jejak panjang dalam dunia bisnis internasional. Pengalaman negosiasi dan kemampuan diplomasi Erick Thohir disebut menjadi andalan Presiden Jokowi dalam menjalankan tugas strategis pemerintah.

"Diplomasi Pak Erick Thohir masuk kategori bagus, unggul, dan bisa diandalkan. Sejauh ini beliau mampu menjalankan tugas-tugas strategis dan bersifat urgent bisa berjalan baik," terang pengamat politik Surokim Abdussalam, pada Kamis, (10/3/2022).

Sebagaimana diketahui, pengadaan vaksin dari luar negeri dalam program pemerintah, yakni vaksinasi nasional, tentu tak lepas dari kerja diplomatik yang dilakukan Erick Thohir. Terbaru yakni pertemuan bilateral dengan mantan PM Inggris Tony Blair yang memberikan dukungan terhadap perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia agar dapat berperan signifikan dalam mendukung pemulihan global serta pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan lewat The Tony Blair Institute for Global Change (TBI).

Baca juga: Erick Thohir Kedatangan Tamu Mantan PM Inggris Tony Blair, Ada Apa?

Lebih lanjut, Surokim yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini mengapresiasi bagaimana kemampuan manajerial yang dimiliki oleh Erick Thohir. Sehingga membuat Kementerian BUMN mendapatkan apresiasi dan citra positif dari masyarakat. "Dalam situasi mendesak pun, kemampuan manajerial dan aksi Pak Erick Thohir cukup bisa diandalkan," ungkap Surokim.

Baca juga: Erick Thohir Menteri Berkinerja Terbaik, Kelompok Milenial Anggap Wajar

Tak hanya itu, kemampuan manajerial Erick Thohir juga dapat terlihat dari keberhasilan program dan kebijakan yang diterapkannya. Baik dalam mentransformasi Kementerian BUMN, maupun upaya sinergi dan kolaborasi yang dilakukan, baik antar maupun lintas kementerian.

"Pak Erick Thohir juga mampu bekerja sama dan berkolaborasi baik dengan kementerian yang lain. Itu juga menjadi kekuatan manajerial Pak Erick Thohir," lanjut Surokim.

Oleh sebab itu, Surokim memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja dan kemampuan yang dimiliki oleh Erick Thohir. Mengingat Erick Thohir adalah orang baru di pemerintahan dan tentunya tidak mudah untuk memuluskan sejumlah program dan kebijakan yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

"Tidak mudah bagi menteri baru, dan Pak Erick Thohir kan juga generasi muda di jajaran kabinet. Tapi bisa dan mampu berkolaborasi dengan baik, bisa ketemu chemistry dengan para senior yang sudah berpengalaman di kabinet dan di politik nasional, itu menunjukkan kematangannya," tutup Surokim.

(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1592 seconds (10.55#12.26)